Portal Berita Papua Barat

Gugatan Filep Wamafma Dikabulkan, Bawaslu Nilai KPU PB Lalai

0 757
Gugatan Filep Wamafma Dikabulkan
Gugatan Filep Wamafma Dikabulkan – Balon DPD RI Dapil Papua Barat, Filep Wamafma didampingi penasehat hukumnya Yan Christian Warinussy disambut suka cita oleh puluhan massa pendukungnya usai sidang putusan di Bawaslu PB, Senin (14/5/2018).(Foto: Kris Tanjung/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.comGugatan Filep Wamafma Dikabulkan. Badan Pengawas Pemilu Papua Barat (Bawaslu PB) akhirnya mengabulkan gugatan dugaan pelanggaran administrasi pemilu dengan nomor perkara : 002/ADM/BWSL-PB/Pemilu/ IV/2018 dengan pelapor Filep Wamafma.

Putusan ini dibacakan oleh Ketua Bawaslu Papua Barat yang juga bertindak sebagai ketua majelis pemeriksa Marlenny Momot, bersama anggota majelis pemeriksa I, Ibnu Mas’ud, didampingi Kepala Sekretaris Bawaslu Papua Barat, Selaku Sekretaris pemeriksa Frederik Kokorule di hadapan pelapor dan terlapor KPU PB dalam sidang putusan di sekertariat setempat Jalan Brawijaya nomor 3A, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (14/5/2018).

Dimana dalam kesimpulannya, majelis pemeriksa menilai KPU PB lalai yang bertentangan dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dan Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran Pemilihan Umum.

“Bawaslu PB memutuskan menerima Permohonan Pelapor (Filep Wamafma, red) sebagian besar dan menyatakan terlapor telah melangga administratif pemutakhiran dalam ketentuan Pasal 460 ayat (1) Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu,” kutip Ibnu Mas’ud yang bergiliran membacakan putusan tersebut.

Untuk itu, KPU PB agar melakukan pemeriksaan dan perhitungan 1 (Satu ) kembali, bundel dari Hardcopy KTP syarat dukungan pelapor dari Kabupaten Manokwari Selatan, yang dalam sidang pemeriksaan tak dilakukan perhitungan.

“Memerintahkan KPU Provinsi Papua Barat untuk mengikutsertakan pelapor pada tahapan selanjutnya. Dan memerintahkan KPU Provinsi Papua Barat untuk melaksanakan putusan ini, tiga hari kerja sejak putusan ini dibacakan,” tutupnya sembari mengetuk palu sidang.

Baca Juga:  Merasa Jadi Korban Kelalaian KPU, Filep Wamafma Harap Bawaslu Kabulkan Gugatannya

Anggota KPU PB, Christine Rumkabu yang berusaha dimintai tanggapan oleh sejumlah awak media terkait keputusan yang dibacakan oleh majelis pemeriksa Bewaslu PB, enggan berkomentar dan berdalih masih akan dibahas secara internal KPU PB, langkah apa yang mesti ditempuh ihwal putusan tersebut.

Untuk diketahui, bahwa Bawaslu PB dalam gelaran sidang putusan yang dihadiri Anggota KPU PB, Christine Rumkabu dan Kebag Hukum KPU PB, Jhon Jitmau telah menerima dan memutuskan 2 gugatan dugaan maladministrasi pemilu dari 5 gugatan yang disidangkan. Yakni, pelapor Abdullah Manaray dan Filep Wamafma.

Sementara untuk tiga penggugat atau pelapor lainnya, yaitu balon DPD RI Maikel Warbete, Siswanto Tigtig Weria dan Tutti Achmud, Bawaslu masih akan kembali menjadwalkannya.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!