Portal Berita Papua Barat

Kritikan Fotografer Traveling Usai Festival Biak Munara Wampasi 2017

0 44
Salah satu kegiatan Festival Munara Wampasi Biak (FBMW 2017), Snapmor di Karnindi Biak Barat. Foto (Ronaldy Irfak).

Manokwari, Papuabaratoke.com – Festival Biak Munara Wampasi 2017 (FBMW) telah usai sebulan yang lalu, namun menyisahkan kenangan dan kritikan tersendiri bagi salah satu fotografer travelling asal Papua, Ronaldy Irfak, ST (43). Ia mengatakan iven ini bagus dan seru khususnya bagi pemburu foto seperti dirinya.

”Yang pasti lebih di tingkatkan lagi, acara lebih di padatkan karena banyak jeda waktunya, pemda di tuntut harus lebih kreatif karena banyak distrik di kabupaten Biak Numfor, tiap Distrik mempunyai adat istiadat yg pastinya ada sedikit perbedaan”. Ujarnya kepada Papuabaratoke.com.

Epen Bayeren di Nirmala Beach Hotel Biak, pada momen FBMW 2017. Foto (Ronaldy Irfak).

Penasehat LOOR “Komunitas Fotografi Jayapura” ini menghimbau supaya Pemerintah Daerah Biak Numfor berinovasi agar tiap tahunnya ada sedikit perbedaan.

”Khusus buat kegiatan epen beyeren bisa di lakukan di tempat yang lebih terbuka agar pengunjung yang datangpun bisa lebih banyak lagi”. Sebutnya.

Pria yang bergelut didunia foto lebih dari 9 tahun tersebut berkata kedepannya promosi wisata wajib terus di lakukan oleh pemerintah, selain itu keindahan dan kebersihan patut terus dijaga.

Dirinya juga menyebutkan laut Biak yang mempunyai terumbu karang indah ini patut dijaga kelestariannya ”mari kita jaga terumbu karang, jangan menangkap ikan dengan membuang BOM”, tegasnya.
Sayangnya terumbu karang biak sangat luarbiasa itu kurang mendapatkan perhatian sehingga sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, sahutnya.

fotografer travelling asal Papua, Ronaldy Irfak, ST

Pemilik Irfak Photography tersebut mengagumi semua spot foto di Biak Numfor patut untuk di jadikan tempat wisata dan foto.
”Jaga jangan sampai terjadi pungutun-pungutuan liar yang memberatkan wisatawan yg ujungnya wisatawan nanti malas untuk berkungjung ke biak lagi ini harus juga jadi perhatian pemerintah setempat, ” Harapnya seraya memberi tips kepada siapapun yang ingin belajar fotografi.

Baca Juga:  Sektor Pariwisata Potensi PAD Yang Belum Dimaksimalkan

”Penting terus belajar dan motret, trus aja motret apapun, dengan begitu nanti skill nya makin berkembang dan terasah dengan sendiri juga banyak melihat referensi foto di internet. Tutupnya. (Tom/PBoke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com