Portal Berita Papua Barat

Pantai Karnindi Padat Pengunjung Meriahkan SNAPMOR

0 14

Biak, Papuabaratoke.com – Kemeriahan Festival Biak Munara Wampasi (BMW) Tahun 2017 terus berlanjut.  Selasa (4 Juli 2017), pantauan Papuabaratoke.com dilokasi Festival BMW,  ribuan Warga memadati Pantai Karnindi, Distrik Biak Barat, Kabupaten Biak.

Ribuan warga berkumpul untuk mencari ikan di kawasan sasi, acara ini resmi dibuka Bupati Biak Numfor, Thomas Edizon Ondi.

Pantai Karnindi menjadi sejarah bagi masyarakat Biak Numfor. Selain untuk mencari ikan, lokasi ini juga sekaligus promosikan Wisata Pantai Karnindi.

Dengan membawa perlengakapan tradisional memancing, seperti kawat (lastop) dan kalawai, Warga memenuhi pantai di teluk yang diapit 2 pulau kecil.

Zakarias Markumbo, Kepala Kampung Karnindi

Kepala Kampung Karnindi, Zakarias Markumbo, membenarkan Snapmor merupakan salah satu bagian rangkaian kegiatan Festival Biak Munara Wampasi (BMW) Tahun 2017.

Menurutnya, Pantai Karnindi merupakan pantai terluar yang kurang diperhatikan. Sehingga Pemerintahan Desa insiatifkan membuat acara sasi di tempat ini, agar menjadi perhatian khayalak, dan juga menikmati keindahan pantai karnindi ujar Zakarias.

Zakarias juga mengatakan,sebelum acara sasi digelar, selain melakukan ritual adat, dan memanjatkan Doa kepada sang empunya Kuasa atas kelancaran Sasi.

Jauh hari kami telah mensterilkan lokasi pantai karnindi, dan  melarang warga yang hendak mengambil ikan di pantai ini, demi kelancaran kegiatan Sasi,”

Jarak Kampung Karnandi sekira 10 Km dari Kota Biak, untuk menuju kampung ini harus melewati jalan hamparan dan tanjakan serta turunan yang terjang. Meski jauh dari Kota, warga setempat sudah dialiri  listrik dan air bersih dari Pemerintah Daerah.(TOM/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!