Portal Berita Papua Barat

BPJS Konsen Tumbuhkan Kepedulian Hidup Sehat

0 22
BPJS Konsen Tumbuhkan Kepedulian Hidup Sehat
BPJS Konsen Tumbuhkan Kepedulian Hidup Sehat – pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkara ke-65 di Aula Mapolres Manokwari, Senin (16/10/2017).(Photo: VWM/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.comBPJS Konsen Tumbuhkan Kepedulian Hidup Sehat. Badan Penjamin Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan konsen dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yang berfokus pada upaya promotif preventif terutama bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal ini dibuktikan dengan peran aktif BPJS Wilayah Papua Barat yang ikut andil dalam kegiatan bakti sosial kesehatan masyarakat berupa pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), yang dilaksanakan Pengurus Bhayangkari Polres Manokwari dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkara ke-65.

Kegiatan ini dipusatkan di Aula Mapolres Manokwari, Senin (16/10/2017). Dan, merupakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Manokwari dengan Poliklinik Polres Manokwari, Ikatan Bidan Indonesia. Hadir sebagai narasumber dr. Xaviera, yang kesehariannya bertugas di Puskesmas Amban yang memaparkan tentang kanker payudara dan juga IVA.

Kepa BPJS Wilayah Papua Barat, Floreinsye Tamonob mengatakan, perlu dilakukan deteksi dini terhadap bahaya kanker payudara dan serviks. Sebab, mencegah jauh lebih penting dari pada mengobati sehingga kepedulian hidup sehat tumbuh. “Pencegahan akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar dari pada pengobatan,” katanya.

Dia mengatakan, layanan pemeriksaan IVA/Papsmear tersebut dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

“Kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan,” katanya lagi.
Ketua Bhayangkari Daerah Papua Barat, Josefina Purnawirawati Rodja mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini sangat baik.

Baca Juga:  Disorot, Woah..! Baliho DJ Soraya Siap Guncang Alexa Karaoke, Menghilang

Untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang kesehatan. ”Bukan saja pemeriksaan IVA namun juga pemberian akte kelahiran bagi anak. Kegiatan pemeriksaan ini juga diikuti oleh masyarakat umum,” ujarnya.(VWM)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!