Portal Berita Papua Barat

Ini Kontribusi JKN KIS Untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

2
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fahmi Idris

Manokwari, Papuabaratoke.com – Bergulirnya program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat, JKN-KIS, berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat program JKN-KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat.

Kontribusi JKN-KIS terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2016 sebesar 152,2 Triliun dan Tahun 2021 nanti diperkirakan mencapai Rp.289 Triliun.

“Program JKN-KIS merupakan wujud nyata Negara hadir untuk rakyat. Pemerintah mewujudkan amanat Undang-undang dengan menjalankan program JKN-KIS tanpa waktu yang lama,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fahmi Idris, melalui rilis kepada PBOke, Selasa (15 Agustus 2017).

Menurutnya, program JKN-KIS meningkatkan angka harapan hidup masyarakat Indonesia sampai 2,9 Tahun. Peningkatan 1% cakupan JKN-KIS setara dengan peningkatan pendapatan masyarakat sebesar 1 Juta pertahun atau perkapita.

Secara bertahap program JKN-KIS pun terus berkembang pesat hingga kini dan bergerak MAJU. Sampai saat ini, jumlah peserta program JKN KIS lebih dari 180 Juta Jiwa atau lebih dari 70% dari jumlah proyeksi penduduk Indonesia Tahun 2017.

Laporan akhir Tahun 2016, memberi gambaran program JKN-KIS sangat dirasakan masyarakat. Ini terlihat dari pemanfaatan kartu BPJS Kesehatan di 2016 sebanyak 177,8 Juta kunjungan ke fasilitas kesehatan. Angka kunjungan ini terus meningkat dari Tahun 2014 sebanyak 92,3 Juta dan Tahun 2015 sebanyak 146,7 Juta.

Total pemanfaatan Tahun 2016 ini terdiri dari kunjungan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas, Pratama dan dokter praktek perorangan mencapai sekitar 120,9 Juta.

Kemudian kunjungan untuk rawat jalan di poliklinik dan Rumah Sakit sebanyak 49,3 Juta dan rawat inap 7,6 Juta. Bila di tambah angka rujukan sebesar 15,1 Juta, total pemanfaatan JKN-KIS adalah 192,9 Juta.

Baca Juga:  Mantangkan Faskes, Keselamatan Ibu Hamil Terjamin

Fahmy menambahkan, program JKN KIS bisa mendorong percepatan pengentasan kemiskinan. Pasalnya,program JKN KIS membantu masyarakat (yang) miskin agar tidak akan terjerumus dalam jurang kemiskinan yang semakin dalam. (VWM/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!