Portal Berita Papua Barat

Optimalisasi Aplikasi SIM BPJS Kesehatan se-Kabupaten Manokwari Tahun 2017

0 52

Aplikasi SIM BPJS Kesehatan
Aplikasi SIM BPJS Kesehatan – pertemuan optimalisasi Aplikasi SIM BPJS Kesehatan (Primary Care dan Lupis BPJS Kesehatan) pada FKTP se-Kabupaten Manokwari, Kamis (12/10/2017)
Manokwari, Papuabaratoke.comAplikasi SIM BPJS Kesehatan. Guna meningkatkan mutu pelaporan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), telah dilakukan pertemuan optimalisasi Aplikasi SIM BPJS Kesehatan (Primary Care dan Lupis BPJS Kesehatan) pada FKTP se-Kabupaten Manokwari, Kamis (12/10/2017) lalu.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, Austin Dwi Wardhani, Jumat (13/10/2017) mengatakan, aplikasi Primary Care adalah aplikasi yang digunakan untuk melaporkan pemanfaatan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh FKTP secara real time.

Sedangkan, lanjut Dwi, Aplikasi Luar Paket Ina CBG’s (Lupis) adalah aplikasi yang digunakan untuk melaporkan pemanfaatan pelayanan kesehatan khususnya promotif preventif.
“Di era JKN-KIS, kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh FKTP sangatlah penting, mengingat FKTP merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan, sekaligus sebagai gatekeeper pelayanan kesehatan.

Bila kualitas FKTP tidak ditingkatkan, angka rujukan akan terus meningkat sehingga bisa terjadi penumpukan pasien di rumah sakitn,” kata Dwi.
Kata dia, semakin hari, jumlah peserta JKN-KIS kian bertambah. Sehingga FKTP sebagai lini pertama pelayanan kesehatan harus diperkuat dan terus berkomitmen supaya dapat terus memberikan pelayanan yang optimal.
“Ini juga merupakan upaya kendali mutu kendali biaya di fasilitas kesehatan, sekaligus sebagai komitmen nyata dari pemangku kepentingan untuk memberikan pelayanan yang lebih bermutu,” ujar di.
Pertemuan ini, dihadiri pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari dan Perwakilan masing-masing FKTP yang terdiri dari Puskesmas, Klinik Pratama, Dokter Praktek Perorangan dan Dokter Gigi di Kabupaten Manokwari dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang.
Pertemuan tersebut di tutup dengan penandatananganan komitmen bersama seluruh FKTP untuk melakukan pelaporan tepat waktu menggunakan Aplikasi SIM BPJS Kesehatan . (ARF/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!