Portal Berita Papua Barat

Ekonomi Wondama Lesu, Masyarakat Rindu Kepemimpinan Torey

0 49
Ekonomi Wondama Lesu
Tampak Suasana Pasar Yang Sepi Pengunjung (Foto: VIO/PBOke)

Wasior, Papuabaratoke.comEkonomi Wondama Lesu. Kondisi perekonomian di Kabupaten Teluk Wondama dalam setahun terasa kian lesu. Daya beli masyarakat kian menurun. Pedagang di Pasar Sentral Iriati misalnya, mengaku dalam 6 bulan terakhir praktis tidak ada keuntungan lantaran pembeli berkurang.

“Dulu waktu masih jualan di Pasar Soyar sehari bisa dapat sampai 500 Ribu, tapi sejak pindah di sini, aduh, dapat 10 Ribu saja susah sekali. Pedagang disini tekor (merugi) semua,” kata Mama Aci, pedagang sembako di Pasar Iriati, Jumat (8/7/2017).

Penjual rujak yang akrab disapa Mama Ambon, juga mengaku pendapatan pedagang pasar menurun tajam dalam setahun terakhir.  “Sekarang ini uang susah didapat. Beda dengan yang dulu,” ujar Mama Ambon.

Perputaran uang yang dirasakan sangat terbatas membuat para pedagang merindukan situasi semasa pemerintahan semasa pimpinan Bupati Alberth Torey. Entah ada hubungannya atau tidak, mereka merasa kondisi ekonomi diera Torey, jauh lebih baik dari sekarang.

“Kalau jaman pak Torey dulu, dapat uang lancar. Sekarang ini uang macam sulit sekali dicari,” papar Mama Aci.
Ditemui terpisah, Udin, pejasa ojek yang sudah menetap 6 tahun di Wasior, menuturkan pendapatannya menururn drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya. “Jaman Bupati lama (Torey) boleh, satu hari kadang bisa dapat 200 sampai 300 Ribu (per hari). Tapi sekarang ini cari 50 Ribu saja putar sampai mata merah,” cetusnya.

Terkait kondisi perekonomian yang lesu, anggota DPRD Wondama, Amos F. Torey, menilai situasi demikian terjadi karena lambatnya realisasi pekerjaan fisik yang bersumber dari APBD.

“Perekonomian di Wondama masih sangat bergantung pada APBD, kalau pekerjaan lambat jalan, ekonomi macet. Bupati harus menyadari itu. Proyek-proyek tidak perlu ditahan lama-lama,” tegas Ketua Komisi C ini ditemui sebelumnya.(VIO/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com