Portal Berita Papua Barat

Enteng Kantongi KITAS dan KITAP, Turis Asing Nyaman di R4

0 63

Waisai, Papuabaratoke.com – Kemudahan mengurus Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) secara online bagi wisatawan mancanegara, tidak mengurangi pengawasan yang dilakukan Kantor Imigrasi Sorong.

Kepala Imigrasi Kelas II Sorong, Putut Sukoco Kuncoro, mengaku pengaktifan secara onlien tersebut sudah disosialisasikan kepada sejumlah pihak, terutama pengelola homestay, resort dan hotel di Raja Ampat.

“Raja Ampat merupakan tujuan utama para wisatawan manca negara. Sebagian warga asing yang datang merupakan pengguna izin kunjungan wisata,” ujarnya, Jumat (1 September 2017).

Jika berkunjung ke Raja Ampat, para wisatawan asing tidak lagi harus melapor kepada Imigrasi, karena secara otomatis sudah melakukan cek point pertama di bandara.

“Setelah tiba di resort atau homestay ataupun hotel, barulah mereka (wisatawan) melapor ke pengelola. Kemudian, pengelola resort, homestay atau hotel, akan melaporkan kepada kami,” paparnya.

Ia berharap para pengelola resort, homestay dan hotel, bekerja sama dengan memberi data. Hal ini sama artinya dengan membantu mengurusi ijin tinggal sementara bagi para wisatawan.

“Kami masih membawahi Raja Ampat. Saya harap fasilitas online ini memudahkan wisatawan mengakses ijin. Dengan demikian mereka akan merasa nyaman untuk datang ke Raja Ampat,” pungkasnya. (THIAS/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com