Portal Berita Papua Barat

Harga Cabai di Teluk Wondama Jebol Rp 100 Ribu

1
Harga Cabai di Teluk Wondama
Harga Cabai di Teluk Wondama – Cabe Rawit, Ist ANT
Wasior, Papuabaratoke.com – Harga Cabai di Teluk Wondama.  Meski perayaan Natal dan tahun baru telah usai. Namun harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Teluk Wondama Wasior masih mengalami kenaikan.

Cabai misalnya, hingga Rabu (03/01/2018), masih dijual Rp.100 ribu per kilo untuk jenis cabai merah kecil. Menurut pedagang, harga cabai meroket tajam pada dua hari menjelang tahun baru dari sebelumnya 80 ribu menjadi 100 ribu per kilo. Padahal sebelum memasuki Natal, cabai merah dijual seharga 50 ribu sampai 55 ribu per kilo.

“Kita jual 100 ribu (per kilo) karena memang kita beli dari petani sudah mahal. Kita belinya 90 ribu satu kilo, “ ujar Mama Lisna, seorang pedagang cabai di Pasar Soyar Wasior dijumpai Rabu siang.

Karena umumnya cabai dijual dengan sistim tumpukan, para pedagang mensiasati tingginya harga dengan mengurangi porsi takaran cabai untuk setiap tumpukan kecil seharga 5 ribu maupun tumbukan yang lebih besar seharga 10 ribu.

“Kita kasih kurang sedikit saja (jumlah cabai) karena kalau banyak nanti tidak ada yang beli, “ jelas Mama Lisna.

Harga komoditas Bapok lain yang mengalami kenaikan juga rata-rata belum kembali ke harga normal. Bawang merah dan bawang putih masih 55 ribu per kilo dari awalnya 30 ribu sampai 35 ribu per kilo. Telur ayam juga masih Rp.70 ribu satu rak dari sebelumnya 50 ribu per rak.

Pun demikian dengan daging ayam es yang naik 5 ribu menjadi Rp50 ribu per kilo dari awalnya hanya Rp40 ribu hingga Rp45 ribu.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Vio
Comments
error: Content is protected !!