Portal Berita Papua Barat

Harga Tiket Pesawat Picu Inflasi di Timur Indonesia

0 16
Endang Retno

Manokwari, Papuabaratoke.com – Andil inflasi di wilayah Indonesia timur masih cukup tinggi bagi angka inflasi nasional. Sebagian besar inflasi tersebut dipengaruhi oleh harga tiket transportasi udara serta harga pangan. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Endang Retno, mengatakan, Kota Sorong dan Manokwari masuk dalam 14 besar daerah dengan inflasi tertinggi.

“Pada inflasi bulan Juni 2017, daerah-daerah di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua masuk dalam 14 daerah yang paling tinggi angka inflasi. Untuk bulan Juni, Tual yang paling tinggi dengan 4,48 persen disusul Kendari 3,58 persen,” jelasnya.

Manokwari sendiri berada di posisi tujuh dan Kota Sorong di posisi 12. Meski lebih baik dibanding Tual dan Kendari, namun upaya pengendalian inflasi di daerah ini harus ditingkatkan. Menurut Endang, pengendalian harga di wilayah timur cukup baik dibanding wilayah Indonesia bagian barat.

Faktor paling besar penyebab inflasi adalah harga tiket pesawat, bahan pangan dan tarif listrik.“Contohnya ikan, tidak menyangka komoditas ini muncul. Mungkin karena faktor cuaca dan nelayan pada mudik sehingga harga ikan naik terutama saat menjelang lebaran lalu,” paparnya. Harga tiket pesawat, lanjut Endang, memegang andil dalam setiap inflasi perbulan di Papua Barat. Begitu pun harga sejumlah komoditas pangan. (THX/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com