Portal Berita Papua Barat

IKAPPI Papua Barat Dorong Pengembangan Kopi di Pegaf

0 39
Marlina, Ketua IKAPPI Papua Barat

Manokwari, Papuabaratoke.com – Pegunungan Arfak (Pegaf), dinilai sebagai daerah yang sangat potensial untuk budidaya kopi. Selain meningkatkan perekonomian masyarakat, tanaman Kopi juga bermanfaat untuk pengembangan destinasi wisata daerah.

IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) Papua Barat, ingin mendorong pengembangan kopi di wilayah Pegaf.
“Kabupaten ini harus berkembang dari sisi ekonomi, sehingga pengembangan tanaman kopi sangat cocok karena lebih aman bagi lingkungan,” ujar Marlina, Ketua IKAPPI Papua Barat, Minggu (13 Agustus 2017).

Sebagian besar masyarakat di Minyambouw memiliki lahan yang ditanami kopi, namun tidak dirawat dengan baik. Salah satu kendala adalah kurangnya pengetahuan tentang cara bertani kopi yang benar.

“Tanaman kopi bukan hal baru di Pegaf. Para misionaris sejak puluhan tahun lalu juga sudah menanam tanaman ini. Komoditas ini mudah ditemukan di beberapa wilayah terutama Minyambouw,” ujarnya.

Saat ini belum ada upaya budidaya tanaman kopi secara maksimal. Masyarakat belum memiliki orientasi pasar layaknya di daerah lain, seperti Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Padahal biji kopi memiliki peluang pasar yang cukup besar.

“IKAPPI ingin dorong pengembangan Kopi yang sudah ada di wilayah Pegaf, kita juga sudah koordinasi dengam Dinas Pertanian dan Perindagkop Provinsi Papua Barat untuk pendampingan,” paparnya.
IKAPPI PB juga berkomitmen mendorong hal ini agar pendampingan hingga penyaluran nantinya bisa dilakukan di Pegaf. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!