Portal Berita Papua Barat

Kadistrik dan Kepala Kampung Harus Kompak Kelola Dandes

0 5

Wasior, Papuabaratoke.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Teluk Wondama, Hendrik Rico Tetelepta, mengimbau para Kepala Distrik proaktif mengawasi pengelolaan Dana Desa. Kepala distrik juga diharapkan rutin turun ke kampung guna memberikan pembinaan dan bimbingan mengingat SDM kepala kampung dan aparatur lainnya masih terbatas.

“Peran kepala distrik dibutuhkan untuk mengawal semua dana yang masuk ke kampung. Kalau tidak, bisa banyak kepala kampung masuk sel karena pengelolaan dana yang tidak sesuai,” ujarnya, Senin (31 Juli 2017) di Wasior.

Sebaliknya, kepala kampung tidak mengabaikan peran kepala distrik terkait pengelolaan Dana Desa maupun pelaksanaan pembangunan di kampung.“Kalau ada apa-apa, kepala kampung harus koordinasi dengan distrik. Jangan langsung ke Bupati atau ke Dinas PMK, karena kepala distrik itu atasan dari kepala kampung,” bebernya.

Sebelumnya Asisten Bidang Pemerintahan, Jack R. Ayamiseba, ikut menekankan pentingnya peran kepala distrik dalam meminimalisir potensi terjadinya penyimpangan dana desa akibat SDM aparatur kampung yang masih terbatas.

“Kepala distrik harus tutupi kekurangan SDM di kampung. Kepala distrik bisa memberikan pelatihan dan bimtek dalam rangka menyusun laporan. Arahkan mereka bina mereka untuk bisa susun laporan dengan baik. Kepala distrik harus ambil peran itu, papar Ayamiseba. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!