Portal Berita Papua Barat

Kemendagri Tawarkan Rumusan Bangun Kesejahteraan Papua Barat

0 146

- Advertisement -

Bangun Kesejahteraan Papua Barat
Bangun Kesejahteraan Papua Barat – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat George Yarangga. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Bangun Kesejahteraan Papua Barat.  Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menawarkan rumusan khusus dalam membangunan kesejahteraan di Papua Barat.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat George Yarangga, pasca mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) 2018, yang gelar di Hotel Lombok Raya, Jalan Panca Usaha No. 11 Mataram, NTB, Rabu 7 hingga, Kamis 8 Maret 2018.

Dia menuturkan, dalam kegiatan yang menghadirkan seluruh kementerian/lembaga pejabat eselon 3 tersebut membahas sejumlah pokok rumusan dalam hal percepatan pembangunan kesejahteraan Provinsi Papua dan Papua Barat, sesuai program nawacita dan amanat Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi) terhadap pemerataan pembangunan.

George Yarangga mengatakan, dalam Rakortekrenbang yang diikutinya tersebut, kembali pemerintah pusat melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua dan Papua Barat, menginstruksikan efektivitas pembahasan terkait Provinsi Papua dan Papua Barat dipandang perlu dilakukan secara terintegrasi antar sektor pusat dan daerah, dalam mendukung pencapaian rumusan hal mendasar dalam menyukseskan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua.

” Jadi dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis Pembangunan Regional ll di Mataram pada tanggal 5 8 Maret 2018, adalah sesuai amanat Inpres No. 9 Tahun 2017 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan provinsi Papua dan Papua Barat,” ujarnya kepada Papuabaratoke.com, Kamis (15/3/2018).

Lebih jauh dikatakannya, dalam forum tersebut dirangkum pembahasan hal mendasar percepatan dari masing-masing Provinsi di Tanah Papua. Yakni provinsi Papua dan Papua Barat dengan beberapa kementerian lembaga inti berada dalam satu desk.

Ia mengatakan, Menteri Bappenas, Bambang Bojonegoro dalam sambutannya di forum Rakortekrenbang menggaris bawahi, pentingnya sinkronisasi perencanaan dan penganggaran pembangunan nasional dengan pendekatan kebijakan Money Follow Program.

Baca Juga:  Bulog Gandeng Distributor Kontrol Harga Gula Pasir

Dimana setiap potensi dari setiap daerah kabupaten/kota pemerintah provinsi harus mampu mengawalnya dari hulu ke hilir alur perencanaan suatu program kerja, yang wajib berpijak pada isu tematik (Isu strategis), holistik (Upaya komprehensif untuk penajaman substansi sasaran), integratif (upaya efisiensi dan efektivitas pencapaian sasaran), dan spasial (keterkaitan fungsional untuk pencapaian sasaran secara spasial).

“Terkait hal tersebut, maka untuk Tanah Papua khususnya di Provinsi Papua Barat terdapat 5 rumusan usulan dasar pembangunan kesejahteraan masyarakat,” ucap dia.

Usulan yang telah dibahas bersama dengan unsur Bappenas, Dirjen Bangda, para pejabat se-provinsi Papua dan Papua Barat daerah regional II tersebut tuturnya melanjutkan, antara lain, pertama, tentang peningkatan akses pelayanan Kesehatan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Kedua, tentang akselerasi kesehatan di Provinsi Papua dan Papua Barat dan ketiga, adalah tentang komitmen peningkatan pengembangan komuditas unggulan pertanian dan pariwisata serta keempat, tentang pengembangan pembangunan infrastruktur dasar dan konektivitas jalur perhubungan disetiap kabupaten/kota di seluruh pelosok daerah provinsi Papua dan Papua barat dan kelima adalah terkait tata kelola dan kelembagaan organisasi di Papua dan Papuabarat khususnya.

” Jadi 5 poin mendasar rumusan inilah yang dalam pemerintahan Jokowi masih akan terus dikawal dan dilakukan dalam program akselerasi pencapaian nawacita di tanah Papua. Selama kepimpinannya sesuai amanah dan instruksi yang telah dituangkan dalam (Inpres) Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua dan Papua Barat,” jelas Mantan Pj. Bupati Kaimana ini.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!