Portal Berita Papua Barat

Ketergantungan Dari Daerah Luar Picu Kenaikan Harga Pangan

0 5
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Agus Hartanto

Manokwari, Papuabaratoke.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Agus Hartanto, mengaku sebagian besar wilayah di Papua Barat masih bergantung dengan daerah lain dalam mencukupi bahan pangan. Kondisi ini diyakini menjadi salah satu penyebab tingginya harga barang.

“Seperti telur, bawang merah maupun bawang putih. Kita masih sangat bergantung pada pasokan dari Jawa dan Sulawesi,” ujarnya, Rabu (26 Juli 2017) di Manokwari.

Ia mengaku BI Perwakilan Papua Barat sudah berkoordinasi dengan Pemprov, terutama dinas yang menanganinya. Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan para pelaku usaha. Menurut Agus, hasil koordinasi yang dilakukan menunjukan banyak persoalan yang harus disikapi untuk menciptakan kemandirian dalam mencukupi kebutuhan telur.

“Untuk menghasilkan telur, kita butuh kandang dan ayam. Sementara, disini bahan baku memproduksi pakan ayam petelur belum siap,” bebernya. Selain itu, BI Pewakilan PB bersama Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian Manokwari, sedang mengembangkan komoditas Bawang dan Cabai. Program tersebut sedang berlangsung di Manokwari dan Manokwari Selatan. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!