Portal Berita Papua Barat

NAM Air Segera Buka Rute Kaimana-Fakfak, Manokwari-Sorong

4
NAM Air Segera Buka Rute Kaimana-Fakfak
NAM Air Segera Buka Rute Kaimana-Fakfak – Koordinator Sriwijaya Group Wilayah Papua, Erwin Cahyadi. (Photo : HAI/PBOke)
Kaimana, Papuabaratoke.com NAM Air Segera Buka Rute Kaimana-Fakfak. Maskapai penerbangan NAM Air segera hadir melayani warga Kota Senja Kaimana. Sesuai jadwal, maskapai yang merupakan Group Sriwijaya Air ini, akan mulai efektif melayani rute baru Kaimana-Fakfak-Manokwari-Sorong pada awal November mendatang.

Erwin Chahyadi, Koordinator Sriwijaya Air Group Wilayah Papua menyampaikan, untuk sementara waktu, NAM Air akan fokus melayani penumpang dari Fakfak ke Kaimana-Sorong dan Manokwari kembali ke Fakfak. Ia mengatakan, sedianya penerbangan perdana NAM Air di Bandara Utarom, Kaimana terjadwal 21 Oktober mendatang.

“Pesawat yang sedianya akan dipakai untuk inaugural tanggal 21 Oktober di Papua Barat mengalami keterlambatan sehingga harus di postpone ke awal November. Pesawat belum selesai maintenance dan pemeriksaan di Subang, Malaysia,” katanya.

Erwin mengemukakan alasan, pelayanan NAM Air difokusnya di Fakfak karena akses dari dan menuju Fak-fak agak sulit. “Kita akan maksimal melayani kebutuhan masyarakat disana yang hendak ke Sorong-Kaimana dan Manokwari. Jadi setiap hari pesawat ini akan beberapa kali menyinggahi Fakfak. Pesaway akan mengangkut penumpang dari Fakfak dan ke beberapa titik lainnya, termasuk ke luar Papua melalui Sorong dan kembali ke Fakfak,” ujar Erwin.

NAM Air 72-600

Lebih jauh, Erwin Chahyadi juga menjelaskan, rute baru tersebut akan dilayani oleh peesawat ATR 72-600 bermesin turbo dan berkapasitas 70 penumpang. Dia mengklaim, maskapai itu akan hadir dengan harga tiket lebih murah dan mudah dijangkau oleh semua kalangan, serta mudah didapat termasuk melalui layanan traveloka.

Slain akan beroperasi efektif di wilayah Kaimana-Fakfak-Sorong-Manokwari, lanjutnya, Sriwijaya Air Group akan membuka rute penerbangan ke Raja Ampat. Penerbangan ke Raja Ampat akan terhubung dengan beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Semarang dan Makassar.

Baca Juga:  Awal Tahun, Harga Telur Merangkak Naik

“Pembukaan rute ke Raja Ampat ini kaitannya dengan potensi pariwisata. Kita ingin memberikan kepuasan kepada masyarakat Indonesia dan internasional yang ingin mengunjungi tempat wisata paling eksotik di wilayah kepala burung Papua. Disamping itu juga, untuk memudahkan masyarakat dari Raja Ampat yang hendak bepergian ke wilayah lain di Indonesia. Kami berharap dengan penerbangan Sriwijaya Air Group ini, akses dari dan menuju Raja Ampat akan lebih cepat dan murah,” ujarnya mengutip pernyataan Agus Soedjono, Senior Corporate Communications Manager Sriwijaya Air Group.

Ditanya jumlah pesawat yang akan melayani wilayah Papua Barat, Erwin mengatakan, akan ada beberapa pesawat dari Sriwijaya Air dan Nam Air dengan tipe boeing maupun ATR. Semua rute penerbangan ini, akan terhubung dengan Bandara DEO Sorong sebagai titik transit, untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan pesawat jenis boeing menuju kota-kota besar diluar Papua.

“Dari luar Papua ke Sorong dan Sorong ke kota-kota besar dilayani boeing, sedangkan ke Kaimana, Fakfak, Raja Ampat akan dilayani ATR 72-600,” jelas Erwin.

Perlu diketahui, Sriwijaya Air Group berencana mendatangkan 12 pesawat ATR 72-600 baru secara bertahap sepanjang 2017 untuk melayani rute-rute penerbangan baru NAM Air di Indonesia timur. (HAI/PBOKe)

Comments
error: Content is protected !!