Portal Berita Papua Barat

Nilai Tukar Petani Turun 0,44 Persen

0 30

Manokwari, Papuabaratoke.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) di Papua Barat di Agustus 2017 turun sebesar 99,76 persen dibanding NTP bulan sebelumnya.

Penurunan NTP ini diakibatkan Indeks Harga yang Diterima Petani (It) turun 0,44 persen dibandingkan laju Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) yang tidak mengalami perubahan.

Kepala Bidang Statistik Distribusi pada BPS Provinsi Papua Barat Hendra Wijaya, Senin (4/9/2017), mengatakan penurunan NTP sesuai hasil pemantauan harga-harga di delapan Kabupaten di Provinsi Papua Barat. NTP Papua Barat di Juli 2017 sebesar 100,20.

“NTP di Papua Barat mengalami penurunan disebabkan indeks harga barang dan jasa yang dikonsumsi oleh rumah tangga pentani maupun untuk keperluan produksi pertanian umumnya turun lebih cepat dibandingkan indeks harga hasil produksi pertanian umumnya,” kata Hendra.

Adapun tiga dari lima subsektor pada Agustus 2017 mengalami peningkatan indeks NTP, yaitu NTP subsektor peternakan sebesar 0,53 persen, NTP subsektor perikanan sebesar 0,24 persen dan NTP tanaman perkebunan rakyat sebesar 0,11 persen.

Sedangkan, NTP subsektor tanaman pangan mengalami penurunan sebesar 1,58 persen dan NTP hortikultura turun sebesar 0,77 persen. Hendra melanjutkan, NTP di Papua Barat berada di tingkat ke enam untuk Wilayah Sulawes Maluku, dan Papua.

“Secara umum masih alami penurunan karena daya beli masyarakat relatif lebih cenderung menurun,” imbuh dia.
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua Barat Yopi Fonataba mengungkapkan di Papua Barat komiditi pertanian masih menjadi salah satu penyebab terjadinya inflasi. Hal ini disebabkan belum ada data penyebaran komoditas yang menetap.

“Misal, cabe, tomat, dan sayuran dataran tinggi seperti wortel. Di Papua Barat, sayuran dataran tinggi penyumbangnya masih dari Kabupaten Pegunungan Arfak. Meski demikian belum ada data lengkapnya,” ujar Yopi. (ARF/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com