Portal Berita Papua Barat

Pemerintah Akan Hapus Daya Listrik Dibawah 4.400 VA, “Dipastikan Masyarakat Tidak Alami Mati Lampu Lagi”

0 9
Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Nasional, Papuabaratoke.com – Pelanggan rumah tangga yang menggunakan daya listrik dibawah 4.400 Volt Ampere (VA) segera dihapus. Kementrian ESDM berencana akan menghapusnya, penghapusan ini untuk golongan pelanggan listrik daya 900 VA, 1.300 VA dan 2.200 VA.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Mentri ESDM Archandra Tahar, upaya penghapusan daya listrik dibawah 4.400 VA ini, agar masyarakat bisa menggunakan daya listrik yang lebih besar. “Sehingga masyarakat tidak lagi alami mati lampu, akibat daya listrik tidak mencukupi”.

Seperti di beritakan kompas.com, Archandra mengatakan “Contohnya ketika menyalakan setrika, tiba-tiba listriknya mati, karena dayanya kurang. Nah, sekarang ini mau dayanya akan dinaikkan” ujar Wakil Mentri berdarah Minang ini, dikantor Kementerian ESDM, Jumat (10/11/17).

Penghapusan dimaksud bagi kelas golongan pelanggan, dikarenakan jarak batasnya sangat kecil. Seperti 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA, kemudian “Untuk subsidi tidak berubah, yang ini rencana harga per KwH nya tetap sama.

Untuk biaya pemasangan perubahan daya masih dibahas dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), tandasnya.

Sementara itu, pengamat Energi dari Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa menyatakan, ide penyederhanaan golongan pelanggan listrik ini membuat administrasi pelanggan lebih sederhana, demikian juga dengan penghitungan tarif. Sehingga bisa menekan pemborosan pemakaian listrik. (PBOKe/r)

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!