Portal Berita Papua Barat

Tamu Hotel Berbintang di Papua Barat Meningkat

0 39
Kepala BPS Papua Barat Sri Endang Retno Subiyandani, S.Si, MM

Manokwari, Papuabaratoke.com – Sektor pariwisata ikut berperan dalam pembangunan Nasional, seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat mencatat peningkatan signifikan dari Tingkat Penghuni Kamar (TPK) hotel berbintang.

“Rata-rata tamu asing yang menginap di hotel berbintang bulan Mei dan Juni mencapai -7,70 persen, tamu domestik -11,28 persen,” ujar Kepala BPS Papua Barat Sri Endang Retno Subiyandani, S.Si, MM, Selasa (1 Agustus 2017).

Saat jumpa pers di Kantor BPS Papua Barat, ia mengaku tingkat hunian pada Mei terhadap Juni 2017 naik 10,05 poin.
Papua Barat diakui memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan dan diharapkan menjadi salah satu kekuatan pembangunan. Terutama dalam hal menyumbang devisa yang berasal dari belanja wisatawan mancanegara. Tingginya jumlah wisatawan di Papua Barat harus diimbagi dengan peningkatan penyediaan kamar akomodasi hotel. Tujuannya menghindari kesenjangan permintaan dan penawaran terhadap kamar/akomodasi ini.

“Akomodasi merupakan faktor penting karena sebagai rumah sementara untuk wisatawan. Mereka berharap kenyamanan, pelayanan baik serta kebersihan dan lain-lain,” tuturnya. Perkembangan industri perhotelan salah satunya dapat dilihat melalui indikator tingkat hunian di kamar hotel dengan lamanya tamu menginap. (THX/PBOKe)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com