Portal Berita Papua Barat

Tunjangan Pangan Bagi ASN, TNI Dan Polri Dikembalikan Dalam Betuk Beras

0 153

- Advertisement -

Tumpukan Beras di Gudang Bulog (Foto: Istimewa Merdeka)
Papuabaratoke.com – Pemerintah akan berlakukan tunjangan pangan bagi ASN, TNI dan Polri dalam bentuk beras, guna untuk menyerap beras Badan Urusan Logistik (Bulog).

Menurut Direktur Pengadaan Perum BUlog, Bachtiar hal itu dilakukan sebagai upaya mengatasi penyaluran beras yang sedikit terhambat. Pasalnya, saat ini penyaluran satu-satunya melalui komersil.

Padahal, dulu Bulog memiliki program beras sejahtera (rastra) sehingga stok beras gudang tak penuh dan penyerapan beras dalam negeri tetap terjamin.

Sementara itu, tunjangan beras atau natura yang sebelumnya berbenuk uang untuk PNS, TNI dan Polri akan dikembalikan lagi dalam bentuk beras.

“Tadi ada informasi nanti PNS, TNI dan Polri sudah mulai dilibatkan (untuk menyerap beras Bulog). Saya baca di WhatsApp, hasil rapat terbatas Pak Dirut Bulog Budi Waseso untuk natura TNI, Polri berasnya diambil nanti dari Bulog,” kata Bachtiar, Jumat (3/5/19).

Diketahui saat ini, tunjangan beras PNS dan Anggota keluarganya masing-masing 10kg per bulan, tunjangan tersebut diberikan dalam bentuk uang sebesar Rp 7.242 per Kg atau Rp 72.420 per orang.

Hal itu diatur dalam Peraturan Dirjen (Perdirjen) Perbendaharaan Kemenkeu Nomor PER-3/PB/2015 tentang Perubahan keliam atas Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-67/PB/2010 tentang Tunjangan Beras dalam Bentuk Natura dan Uang.

Perubahan kebijkan tersebut guna untuk meningkatkan penyaluran beras Bulog, sehingga Bulog bisa memiliki ruang untuk menyerap gabah dari petani yang harganya saat ini cenderung turun, kata Bachtiar,

Disebutkannya, saat ini stok beras Bulog mencapai 2,05 Juta Ton. Disaat bersamaan, BUlog juga masih menyerap gabah dan beras sebanyak 10 ribu hingga 15 ribu Ton per hari, “penyerapan kami sekarang hampir 400 Ribu Ton, target kami tahun ini masih 1,8 Juta Ton. InshaAllah tercapai,” tutupnya.

Baca Juga:  Sukseskan Sensus Ekonomi, Partisipsi Pelaku Usaha Dibutuhkan

(R.One) sumber: CnnIndonesia

.

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!