Portal Berita Papua Barat

Ajaib, Gurun Pasir  Terkering di Dunia, Berubah Jadi Lautan Bunga

0 10
Gurun Pasir  Terkering di Dunia
Gurun Atacama yang berubah lautan bunga

Manokwari, Papuabaratoke.com Gurun Pasir  Terkering di Dunia. Gurun kering ini menurut NASA, National Geographic adalah gurun terkering di dunia, adalah Gurun Atacama, terletak di Cile utara.

Belum lama ini, tepatnya di bulan agustus 2017, gurun tandus itu berganti rupa, dihimpun dari kompas.com, gurun tersebut berubah menjadi lautan bunga dengan berbagai warna.

Kejadian ini ternyata oleh masyarakat lokal mengatakan, Fenomena itu disebut  sebagai “desierto florido” atau gurun yang berubah lautan bunga. Yang  melahir bunga lebih dari 200 spesies bunga juga satwa liarnya. dan terjadi hanya terjadi setiap lima sampai tujuh tahun sekali.

Gurun Pasir  Terkering di Dunia
Photo gurun atacama dari sisi berbeda sebelum menjdi lautan bunga

Sebelumnya fenomena “desierto florido” gurun atacama berubah jadi lautan bunga, sudah terjadi 2 tahun lalu atau pada medio 2015. Masyarakat lokal tak menduga fenomena ini akan terulang kembali begitu cepat diluar perkiraan.

Di gurun atacama per tahunnya hanya mendapat hujan 15 mm, hujan tak terduga itu akan membuat benih dorman yang ada dalam tanah akan berkembang setelah mendapat cukup air, di dalam gurun pasir itu banyak tersimpan jutaan biji dorman.

Dahulu atacama sebelum menajdi padang pasir dan tandus, adalah rawa dan danau jutaan tahun silam.

Diketahui gurun atacama adalah dataran tinggi di pantai pasific Amerika Selatan luasnya 600 mile (1000 km2). Sebelah baratnya pegunungan Andes, atacama menempati wilayah seluas 40.600 square mile (105.000km2) di cile utara. (edit: tim PBOKe/one)

 

 

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!