Portal Berita Papua Barat

Berkas Perkara Dua Tersangka Pungli Pasar Wosi Segera Tahap Satu

0 70
Tersangka Pungli Pasar Wosi
Tersangka Pungli Pasar Wosi – Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Indro Rizkiadi, S.IK. (Foto: Razid Fatahuddin/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Tersangka Pungli Pasar Wosi.  Penyidik Reskrim Polres Manokwari segera melimpahkan berkas perkara GW (37) dan MK (42), dua tersangka kasus dugaan pungutan liar (Pungli) di Pasar Wosi ke Kejaksaan Negeri Manokwari.

Baik GW dan MK adalah ASN aktif di pemkab Manokwari. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka karena terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber pungli) Polres Manokwari pada 5 Maret.

Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi, S.IK, dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, AKP Indro Rizkiadi, S.IK menjelaskan, pemberkasan kasus dugaan pungli di pasar Wosi telah rampung dan siap dilimpahkan ke Kejaksaan. Atau tahap satu.

“Rencananya hari ini kita tahap satu. Kalau tidak, paling lambat besok. Kita masih menunggu (ijin) penyitaan dari pengadilan negeri Manokwari,” kata Indro, Senin (16/4/2018).

Sebanyak 11 orang saksi terdiri dari pimpinan instansi dan kepala bidang tempat GW dan MK berdinas serta sejumlah pedangan telah dimintai keterangan terkait dugaan kasus pungli tersebut. “Kita tidak main-main dengan kasus ini,” tandas Indro.

Klarifikasi status

Dalam keterangannya, Indro mengemukakan, GW dan MK sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pungli di pasar Wosi. Berbeda dengan oknum ASN berinisial A, yang sempat diperiksa bersama kedua tersangka.

“Tersangka GW dan MK tertangkap tangan. Barang bukti ada, keterangan saksi ada. Sudah ada dua alat bukti. Ada unsur perbuatan melawan hukum,” ujarnya.

Berbeda dengan si A. kata dia, setelah dimintai keterangan, GW dan MK menyebutkan ada keterlibatan si A (Alex). Dengan demikian, yang bersangkutan pun dipanggil untuk didengarkan keterangannya.

“Kita sudah panggil dan periksa si A (Alex) sebagai saksi. Kita harus panggil saksi, lakukan penyelidikan kembali untuk mengumpulkan bukti-bukti apakah terlibat atau tidak. Hati-hati, saya tidak pernah menyampaikan yang tidak baik, selalu dalam koridor dan prosedur,” kata Indro seraya mengatakan A diperiksa sebagai saksi.

Baca Juga:  Tiga Oknum PNS Terjaring OTT Tim Saber Pungli Polres Manokwari

Ditambahkan, perkembangan proses penyelidikan dan penyidikan kasus dugaan pungli pasar Wosi disampaikan ke kapolres.

“Pimpinan juga memonitor pekerjaan kita. Sekarang kalau penyidik belum menemukan dua alat bukti. Fakta hukum tentang perbuatan melawan hukum belum terpenuhi kita tidak bisa tetapkan orang menjadi tersangka,” pungkasnya.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!