Portal Berita Papua Barat

Didesak Tuntaskan HAM, Polda PB Klaim Tak Menutup Mata

0 10
Didesak Tuntaskan HAM, Polda PB Klaim Tak Menutup Mata (Foto: PBOKe)

Manokwari,Papuabaratoke.com – Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat, mengklaim tak menutup mata, terkait penuntasan sejumlah kasus dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di tanah Papua. Pernyataan ini menyikapi desakan puluhan Mahasiswa Universitas Papua (Unipa) yang tergabung dalam Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) Wilayah Papua Barat, di Mapolda Papua Barat, Senin (11/12/2017) siang.

“Terkait penyelesaian kasus-kasus indikasi pelanggaran HAM yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua Barat, khususnya di Kota Manokwari, pihak Kepolisian tidak pernah menutup mata,” ujar Kepala Bidang Hukum (Kabidkum) Polda Papua Barat, AKBP I Nyoman Sugiarta, saat menerima aspirasi FL2MI di halaman Mapolda Papua Barat.

Selain itu, diakuinya terkait upaya penyelesaian putusan-putusan sidang dari proses investigasi dugaan pelanggaran HAM tersebut, belum ada putusan tetap. Dikarenakan hal ini melalui tahapan oleh lembaga kajian untuk menetapkan hasil investigasinya.

“Sehingga bukan saja lembaga kepolisian yang berupaya menyelesaikan sejumlah indikasi kasus-kasus terkait pelanggaran HAM. Prosesnya itu yang butuh kordinasi karena skala penegakan terkait HAM bukanlah penyelesaian isu lokal saja,” tutur Sugiarta.

Sementara itu, beberapa poin pernyataan sikap yang disuarakan oleh FL2MI, antaralain, Menolak penambahan TNI/Polri diTanah Papua Papua, jika tidak dapat menyelesaiakan sejumlah kasus HAM di Tanah Papua, khsusunya di Papua Barat. Mengharapkan semua dugaan pelanggaran HAM di Tanah Papua, segera mendapat penyelesaian guna memenuhi keadilan untuk masyarakat di tanah Papua.

Terakhir,  Polisi diminta untuk segera bentuk tim kajian atau satgas usut tuntas kasus HAM Wasior Berdarah dan Sanggeng Berdarah dalam waktu dekat.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : IAN
Comments
Loading...
error: Content is protected !!