Portal Berita Papua Barat

Dirreskrimsus Polda Papua Barat Beberkan Modus Pelaku Penimbunan BBM Susbsidi

0 207
Penimbunan BBM Susbsidi
Penimbunan BBM Susbsidi – Satu buah Truck tengki merek Dyna warna biru yang digunakan menampung 5000 liter solar subsidi, berhasil diamankan Ditreskrimsus Polda Papua Barat, di salah satu gudang jalan taman ria (Jalan Baru), Senin (26/2/2018). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Penimbunan BBM Susbsidi.  Direktur Direktorat reserse kriminal khusus (Ditreskrimsus) Polda Papua Barat AKBP Budi Santoso,SIK membeberkan modus operandi yang dimainkan pelaku penimbunan BBM Subsidi ilegal di Manokwari.

Yaitu dengan tersangka AM alias Musa (46) yang ditangkap tim opsnal Ditreskrimsus bersama rekannya J (45), yakni didapatnya dengan cara membeli dari SPBU-SPBU yang ada di wilayah Kabupaten Manokwari dan sekitarnya.

Dimana dari hasil pembelian minyak BBM tersebut lalu dikumpulkannya terlebih dulu, sebelum dijual kembali ke industri-industri perusahaan ataupun pengencer di wilayah Kabupaten Manokwari.

“Modusnya saat beraksi para pelaku menggunakan truk atau mobil modifikasi untuk membeli solar di setiap SPBU untuk mengelabui petugas. Selanjutnya merekan pindahkan terlebih solar subsidi yang telah dibeli tersebut ke jerigen ataupun penampung drum plastik. Setelah itu beli lagi solar ke SPBU yang berbeda, sebelum dijual dengan harga tinggi ke pihak industri,” beber Dirreskrimsus Polda Papua Barat AKBP Budi Santoso,SIK, Jumat (2/3/2018) pagi di Mapolda Papua Barat.

Baca Juga:  Ditreskrimsus Polda PB Berhasil Ungkap Penimbunan Ribuan Liter BBM Subsidi

 

Barang bukti truck yang digunakan dalam menjalankan aksi penimbunan BBM Subsidi jenis solar oleh AM dan J yang diamanakn Ditreskrimsus Polda Papua Barat, 26 Februari 2018 lalu.

Santoso mengatakan, tersangka melakukan perbuatannya lantaran adanya perbedaan harga antara solar bersubsidi dan solar khusus industri. Solar berubsidi yang dijual di SPBU itu dibeli sekitar Rp 6000 per liternya.

Diberitakan sebelumnya oleh Papuabaratoke.com praktik penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar ilegal di Kabupaten Manokwari dibongkar Ditreskrimsus Polda Papua Barat saat melakukan penggrebekan di tempat penampungan BBM Solar hasil pembelian dari SPBU tersebut di rumah kontrakan di jalan baru dr Esau Sesa (Tepatnya pertigaan arah kantor Bupati Manokwari) yang menyimpan sekira 7000 solar, Pada hari senin tanggal 26 februari 2018 sekitar pukul 08:00 WIT oleh tim Opsnal Ditreskrimsus Polda Papua Barat.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!