Portal Berita Papua Barat

Dua Oknum Pejabat Papua Barat, Resmi Digiring ke Kejari Manokwari

0 244
Dua Oknum Pejabat Papua Barat, Kejari Manokwari
Dua Oknum Pejabat Papua Barat – Kasat Reskrim Polres Manokwari, AKP Indro Rizkiadi. (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Dua Oknum Pejabat Papua Barat. Dua oknum pejabat pada lingkup Papua Barat, SE dan JZA resmi digiring ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari.

SE yang merupakan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat, bersama salah satu staf di Jajaran Dinas Penyuluhan Pertanian JZA, terseret dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi mark up pengadaan tanah sirkuit grand prix, di SP 6 Jalur 13 Kampung Bowi Subur, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari.

Pelimpahan yang tersebut dilakukan oleh Penyidik Sat Reskrim unit tipikor Polres Manokwari kepada pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Manokwari, Rabu (10/1/2017) Siang sekira pukul 13.15 wit.

Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi Melalui Kasat Reskrim Polres Manokwari AKP Indro Rizkiadi, dihubungi via seluler membenarkan pelaksanaan penyerahan atas dugaan kasus tersebut.

“Betul tadi siang sekira pukul 13.15 WIT, perihal penyidikan perkara pidana dugaan korupsi SE dan JZA sudah lengkap (P-21) dan langsung dilimpahkan ke Kejari Manokwari. Dalam kasus tersebut, negara mengalami Kerugian sebesar Rp.2 miliar,” terangnya membenarkan.

Sebelumnya, atas kasus ini belasan saksi telah dimintai keterangan oleh penyidik. Terdiri dari saksi ahli 2 orang, saksi petunjuk 9 orang, dan saksi dari kedua tersangka sendiri. Atas dugaan kasus korupsi ini kedua tersangka SE dan JZA dikenai pasal 2 ayat 1 dan atau pasal 3 dan atau pasal 8 UU 31 tahun 1999, tentang tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dalam UU nomor 20 tahun 2001. Ancaman pidana minimal setahun dan paling lama seumur hidup.

“Dan, melanggar Pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 UU R.I Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana dirubah dengan UU R.I Nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi,” pungkasnya.

Baca Juga:  Wagub Mohamad Lakotani Lepas Rombongan Safari Ramadhan KKSS
Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com