Portal Berita Papua Barat

Gubernur Dukung Pergantian Kapolda, DPR PB Diminta Dukung OAP

0 6
Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan

Manokwari, Papuabaratoke.com – Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan, menyatakan dukungannya terhadap pergantian Kapolda Papua Barat. Hal ini tertuang melalui surat bernomor 100/935/GPB 2017, tanggal21 Juli 2017. Surat ini ditujukan untuk Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Jakarta, berisi dukungan atas pergantian Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin M.Si, oleh Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja sebagai Kapolda Papua Barat.

Dalam surat itu, Gubernur Papua Barat juga memperhatikan UU RI Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus untuk Papua, Pasal 48 (ayat 5).Kemudian, UU RI Nomor 35 Tahun 2008 tentang Penetapan Peratuan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus bagi Papua.“Dengan ini, saya Gubernur Papua Barat menghormati keputusan Kapolri yang mengangkat Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja sebagai Kapolda Papua Barat,” demikian kutipan Gubernur dalam surat tersebut.Gubernur juga menyampaikan terimakasih kepada Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs. Martuani Sormin M.Si, yang menjalankan tugas selama menjabat Kapolda Papua Barat.

Untuk pejabat Kapolda Papua Barat yang baru, ia beharap dapat menjalin kerjasama dengan sesama unsur Forkopimda. Sebelumnya, Polri mengeluarkan Surat Keputusan Nomor R 100/VII/2017, tanggal 20 Juli 2017, perihal permohonan persetujuan pengangkatan Kapolda Papua Barat. Namun, sejumlah pihak mengaku pergantian tersebut tidak mengakomodir keberpihakan  terhadap Orang Asli Papua (OAP). DPR PB juga didesak mahasiswa dan pemuda serta masyarakat asli Papua, untuk mendukung Kapolda PB Dijabat OAP. Dalam aksi penolakan yang digelar Senin (24 Juli 2017), mahasiswa dan pemuda serta warga asli Papua, menolak pergantian Kapolda Papua Barat. Mereka menilai Kombes Pol Drs. Peitrus Waine, sudah layak dipromosikan sebagai Kapolda Papua Barat.“Kami tolak tegas pergantian Kapolda Papua Barat. OAP ada yang sudah layak menjabat Kapolda,” ujar seorang tokoh masyarakat seperti dikutip dari grup Jaga Papua. (CMT/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!