Portal Berita Papua Barat

KSKP Amankan IRT dan Sita 130 Liter Balo

2
KSKP Amankan IRT dan Sita 130 Liter Balo
KSKP Amankan IRT dan Sita 130 Liter Balo – Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Manokwari, amankan ratusan liter minuman oplosan jenis Ballo, Rabu (4/10/2017)
Manokwari, Papuabaratoke.comKSKP Amankan IRT dan Sita 130 Liter Balo. Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Manokwari, mengamankan ratusan liter minuman oplosan jenis Ballo, Rabu (4/10/2017). Minuman lokal ini diamankan dari rumah warga di Jalan Bandung, belakang Losmen Sederhana.

Selain mengankan ratusan liter miras oplosan, petugas juga mengamankan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang diduga sebagai pemilik miras oplosan. Saat dimintai keterangan oleh Kapolsek KSKP IPTU Abdurahman Sala, SH, IRT tersebut mengaku tuntutan ekonomi menjadi alasan utamanya menjual minuman lokal. Ia mengaku belum lama meggeluti bisnis ini.

Adapun barang bukti yang diamankan diantaranya Ballo dalam proses fermentasi, diisi dalam 5 (lima) ember besar, dua karung plastik berisi botol air kemasan yang siap digukanan untuk menampung hasil fermentasi untuk dijual.
IRT itu juga mengaku bahan baku yang digunakan untuk pembuatan Ballo yaitu Gula Pasir, Fermipan dan Air Mineral.

KSKP Amankan IRT dan Sita 130 Liter Balo
Barang bukti 130 Liter Balo yang disita

“Hanya Gula, Fermipan dan Air yang dicampur dan didiamkan selama 3 (tiga) hari atau proses fermentasi. Setelah itu ditakar untuk dijual,” ujarnya saat dimintai keterangan Kapolsek.
Dari 130 liter Ballo yang diamankan itu, 70 liter diantaranya tidak bertuan namun tetap diamankan dengan ijin ketua RT setempat.

Kapolsek mengaku sebelumnya sudah mengingatkan warga setempat untuk tidak menjual minuman lokal jenis ini.
Namun bila diulangi lagi akan diproses karena jenis ini masuk UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Selanjutnya barang bukti 130 Ballo ini akan dimusnakan. (ARN/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!