Portal Berita Papua Barat

Oknum “BPK” Gadungan, Terjaring OTT Polres Sorong Selatan

0 716
Oknum "BPK" Gadungan
Oknum “BPK” Gadungan – Sejumlah barang bukti yang diamankan dalam OTT oknum BPK gadungan inisial AL, oleh Satreskrim Polres Sorong Selatan, Minggu (18/2/2018) malam.(Foto: Istimewa)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Oknum “BPK” Gadungan.  Seorang yang mengaku oknum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh anggota Sat Reskrim, Bhabinkamtibmas Desa Namru dan Sat Intelkam Polres Sorong Selatan (Sorsel).

Oknum BPK RI gadungan yang bernama, Antonius Laba alias AL (39) ini berhasil ditangkap sekira pukul 21.45 WIT, setelah melakukan dugaan pemerasan terhadap Bendahara Kampung Namro,Yussi Atanay, dengan mengaku sebagai pegawai BPK RI, Minggu (18/2/2018).

Kepala bidang hubungan masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Barat, AKBP Harry Supriyono mengatakan, setelah diintrogasi, AL bukanlah pegawai BPK, melainkan seorang PNS yang berprofesi sebagai guru.

“Dia (AL) ternyata oknum guru di kampung Wermit Distrik Teminabuan. Dan korbanya Bendahara Kampung Namro, Alamat Kampung Namro,” beber Harry melalui siaran pers yang diterima Papuabaratoke.com, Senin (19/2/2018) pagi

Harry menyebutkan, penangkapan atau OTT ini dilakukan di Depan Toko Rahayu Kampung Wermit, Distrik Teminabuan.

Dan barang bukti (BB) yang diamankan, uang tunai sebesar Rp 15 juta lebih. Yakni dengan rincian, dari kampung Namru Rp 14.400.000, dari Kampung Mugim Rp 1.050.000, kwitansi uang ganti rugi kas negara dari bendahara Kampung Namro senilai Rp 15.000.000, buku tabungan Bank Papua A.n Antonius Laba.

“Selain itu, dari tangan pelaku AL, diamankan sebuah hend phond (HP) Nokia, Id Card Intelijen BPKP – NKRI, KTP Provinsi Papua Barat Kabupaten Sorong Selatan a.n Antonius Laba. 2 (Dua) Kartu ATM Bank Papua, 1 (satu) Kartu ATM Bank BRI, 1 unit sepeda motor honda merk supra 125 CC warna merah hitam tanpa nomor polisi,” beber Harry lagi.

Dikatakan, modus operandi yang dijalankan pelaku AL dengan mengaku dari BPKP RI, dan menakut-nakuti korbannya dengan mengatakan ada temuan dari dana Kampung yang dikelola dari tahun 2016.

Baca Juga:  Lagi, Ditres Narkoba Polda PB Gagalkan Penyelundupan Shabu Via Jasa Pengiriman

Kejadian dugaan pemerasan dan penipuan ini berawal, pada Sabtu 17 Februari 2018, sekira pukul 20.00 WIT pelaku AL menelepon bendahara, (Kampung Namro, red) Yussi Atanay, meminta untuk bertemu di salah satu rumah makan.

Kemudian lanjut Harry, pelaku AL ini, mengaku bahwa yang bersangkutan dari BPKP RI yang melakukan pemeriksaan terhadap laporan dana desa Kampung Namro tahun 2017. Dak mengatakan kepada korbannya, bahwa pada tahun 2016 ada temuan sebesar Rp 112.000.000, dan menawarkan kepada korban untuk memilih menggantikan sebagian dari yang disebutkan.

Oknum "BPK" Gadungan
Oknum “BPK” Gadungan – Foto Oknum BPK RI gadungan, Antonius Laba alias AL

Oleh korban Yussi Atanay, menyepakati akan mengganti senilai Rp 28 juta dan akan dibayarkan esok (Minggu 18/2/2018, red) harinya. Merasa curiga ada yang tak wajar, korban langsung melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas Kampung Namro yaitu Brigpol Awalludin.

Dan Bhabinkamtibmas Kamp Namro melakukan Koordinasi dengan Satreskrim Polres Sorsel terkait dengan masalah ini. Kemudian pada hari Minggu sekitar pukul 21.45 WIT, pelaku AL menghubungi korban dengan maksud menagih uang sebesar Rp 28 juta tersebut. Tapi korban hanya sanggup Rp 15 juta.

Pelaku pun mengarahkan korban bertemu dan membawa uang tersebut di depan toko rahayu Kampung Wermit, Distrik Teminabuan untuk menyerahkan uang senilai Rp 15 juta tersebut.

“Sesaat setelah korban menyerahkan uang senilai Rp 15 juta kepada pelaku AL, anggota Satreskrim, Satintel dan Bhabinkamtibmas kamp Namro mendatangi langsung menangkap AL dengan BB uang Rp 15 juta pecahan 100 ribu,” terang Harry.

“Pelaku langsung digiring ke tahanan Polres Sorsel. Dan penyidik masi akan mengembangkan kasus ini karena ada dugaan korban lain di kampung keyen dan kampung tegirolo oleh pelaku,” pungkasnya.

Penulis : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com