Portal Berita Papua Barat

Pabrik Penyulingan Cap Tikus Dibongkar Polsek Wasel Raja Ampat

0 52
Pabrik Penyulingan Cap Tikus
Pabrik Penyulingan Cap Tikus. Anggota Polsek Waigeo Selatan (Wasel) berhasil membongkar penyulingan minuman keras jenis cap tikus (CT) di kecamatan Wasel Kabupaten Raja Ampat, Rabu (31/1/2018) malam.
(Foto: Ist)

Rajaampat, Papuabaratoke.com – Pabrik Penyulingan Cap Tikus.  Anggota Polsek Waigeo Selatan (Wasel) berhasil membongkar penyulingan minuman keras jenis cap tikus (CT) di kecamatan Wasel Kabupaten Raja Ampat, Rabu (31/1/2018) malam.

Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Harry Supriyono dikonfirmasi, Kamis (1/2/2018) membenarkan penggerebekan tersebut.

Dikatakannya, anggota Polsek Wasel berhasil menyita puluhan liter bahan baku minuman keras dari salah satu rumah warga pabrikan miras jenis CT tersebut.

Penggerebekan tersebut dilakukan dibawah pimpinan Ipda Oentoeng di salah 1 rumah target di wilayah hukum Polsek Wasel yang berada di belakang kediaman Ketua DPRD Kabupaten Rajaampat.

“Benar, anggota Polsek Wasel mendapatkan informasi dari masyarakat kalau ada salah 1 rumah yg menjadi tempat membuat dan menjual miras jenis Cap Tikus, sekitar jam 21.30 wit Personil melakukan tindakan tersebut,” beber Harry.

Menurut Harry, hasil pabrik penyulingan minuman keras tradisional tersebut diduga telah dipasarkan di sekitar wilayah Kabupaten Rajaampat dan Kota Sorong.

“Barang bukti yang ditemukan di lokasi penyulingan, 1 buah galon air yang berisi sisa miras CT sekitar kurang lebih 4 ltr, 1 buah jergen ukuran 5 liter yang berisi 3 liter miras, 4 ember besar jumbo bahan baku pembuatan CT kurang lebih 200 liter. Dan 1 buah kompor besar ukuran 32 sumbu, 1 buah panci besar yang di modifikasi untuk penyulingan atau memasak berisi 10 liter. Serta 1 buah bambu panjang yang telah dijadikan pipa corong penyulingan, Plastik es ukuran panjang dijadikan corong penyulingan, 1 gulungan plastik es utk mengisi miras jenis cap tikus dan 2 ember bahan baku yang sudah kosong,” ucap Harry merincihkan.

Penggerebekan itu lanjut dia, atas informasi masyarakat. Anggota Polsek segera menuju lokasi dan menemukan tempat penyulingan miras jenis cap tikus yang diduga milik masyarakat Desa setempat, yang identitasnya masih dirahasiakan guna kepentingan penyelidikan.

Baca Juga:  YR Resmi Jadi Tahanan Jaksa

“Pengungkapan adanya penyulingan minuman keras ini atas informasi masyarakat yang resah dengan beredarnya minuman keras jenis cap tikus di wilayahnya. Untuk insial pelaku sebenarnya, masih dirahasiakan guna penyelidikan lebih lanjut,” imbuhnya.

Pabrik Penyulingan Cap Tikus
Barang bukti Cap Tikus yang ditemukan dalam penggerebekan yang dilakukan di kecamatan Wasel Kabupaten Raja Ampat, oleh anggota Polsek Wasel, Rabu (31/1/2018) malam. (Foto: Ist)

Harry menjelaskan, pabrik penyulingan telah dibongkar dan barang bukti dibawa ke kantor Polsek untuk disita dan pihaknya akan melakukan tindakan hukum bagi pemilik tempat tersebut.

Mantan Kapolres Teluk Bintuni ini juga menegaskan, pihak kepolisian akan terus melakukan penindakan hukum terhadap para pelaku yang meproduksi miras, maupun yang menjual.

“Banyak kasus kejahatan berawal dari warga yang mengkonsumsi minuman keras, seperti kekerasan, pengaiayaan dan kejahatan lainnya,” pungkasnya.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!