Portal Berita Papua Barat

Pangdam XVII/Cendrawasih Bantah Tudingan Anggota DPR Papua Laurenzus Kadepa, “Kami Tidak Mengesampingkan Soal HAM”

0 14
Operasi Gabungan di Papua
Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen George E. Supit (Foto : Istimewa)

Jayapura, Papuabaratoke.com – Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cendrawasih dalam arahannya kepada para prajurit, beberapa waktu lalu, agar para prajurit “jangan takut dengan isu hak asasi manusia (HAM) dan jangan ragu bertindak apabila telah sesuai prosedur.

Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit menegaskan bahwa “Kami tidak mengesampingkan HAM”.

Mayjen TNI George Elnadus Supit dengan tegas menanggapi pernyataan Anggota Komisi I DPR Papua Laurenzus Kadepa, yang seolah-olah menuding Kodam Cendrawasih, mengesampingkan soal HAM dalam penanganan kasus teror bersenjata di Tembagapura, Mimika-Papua.

Ulah kelompok kriminal bersenjata (KKB), banyak korban yang ditimbulkan dan bahkan masyrakat pun diingsikan dari daerah tersebut, untuk mengatisipasi KKB yang potensi menyasar kelingkungan masyarakat yang tidak tau apa-apa.

Adapun dengan tegas juga Pangdam mengatakan,pengejaran terhadap KKB di Tembagapura sudah dilakukan oleh aparat gabungan TNI-Polri.
“Jadi, kami tidak pernah mengesampingkan HAM, yang saya sampaikan maksudnya adalah agar para prajurit jangan ambil pusing dengan isu HAM intinya berbuat dan bertindak sesuai dengan prosedur yang berlaku,” kata Pangdam kembali menegaskan.
“Prajurit saya adalah prajurit yang terlatih baik dalam hal bertempur maupun HAM, sebelum mereka bergerak pembekalan-pembekalan tentang Hukum HAM serta Humaniter sering diberikan.

Namun terkadang mereka masih ragu dalam bertindak. Maka dari itu saya sampaikan kepada mereka, jangan ragu dan bertindaklah sesuai dengan prosedur maka kalian benar,” tandas Pangdam berdarah manado itu.(**/PBOKe)

Sumber: ANTARA

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!