Portal Berita Papua Barat

Pesawat Diserang KKSB, Praka Nasrudin Gugur Tertembak

0 338

- Advertisement -

Ilustrasi
Papuabaratoke.com – Pesawat Enggang Air Service jenis karavan yang membawa rombongan Bupati Nduga, Yarius Gwijangge senin (28/1/19) diserang oleh anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Bandara Mapenduma.

Kapendam XVII/Cendrawasih, Kolonel Inf. Muhammad Aidi membenarkan adanya penyerangan tersebut.

Ia mengungkapkan  pesawat Enggang Air Service tersebut take off dari Bandara Kenyam menuju Mapenduma membawa Bupati Kab. Nduga Yarius Gwijangge, Kadistrik Mapenduma Toni Gwijangge dan Kadistrik Kagayam Jonatan Kogoya serta membawa bahan makanan sebanyak 1.100 kg sebagai bantuan sosial.

Terkait kronologi penembakan, Aidi mengisahkan sesaat sebelum pesawat mendarat di Bandara Mapenduma tiba-tiba pesawat mendapatkan serangan tembakan dari KKSB. Tembakan tersebut berasal  dari arah ketinggian sebelah kanan disekitar bandara.

Pasukan TNI dari Satuan Yonif RK 751/VJS yang sedang melaksanakan pengamanan di Bandara menurutnya segera membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak antara TNI dan KKSB.

Setelah beberapa saat terjadi kontak tembak, akhirnya Kelompok KKSB berhasil dipukul mundur oleh TNI dan melarikan diri kearah hutan dan  pesawat akhirnya berhasil mendarat dalam keadaan selamat.

“Pesawat berhasil mendarat dengan selamat, namun setelah dilaksanakan pengecekan personel atas nama Praka Nasrudin mengalami luka tembak di bagian perut sebelah kanan,” kata Aidi.

Setelah dikakukan pertolongan pertama, Praka Nasrudin akhirnya di evakuasi ke Timika dengan pesawat yang sama. Namun setelah mendapatkan pertolongan medis di RSUD Timika nyawa korban tetap tidak tertolong.

“Saat dilaksanakan pertolongan medis di RSUD Timika, nyawa korban tidak dapat diselamatkan dan akhirnya korban gugur. Saat ini jenazah  disemayamkan di RSUD Timika, rencana besok akan dievakuasi ke Jayapura,”tukasnya.

Sampai saat ini belum ada informasi apakah ada korban dari pihak KKSB. (***/pboke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!