Portal Berita Papua Barat

Ujung Tombak, Bhabinkamtibmas Diharap Mampu Deteksi Konflik.

0 39
Bhabinkamtibmas Diharap Mampu Deteksi Konflik
Bhabinkamtibmas Diharap Mampu Deteksi Konflik – Kasat Binmas Polres Manokwari, Iptu Subiyanto.(Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Bhabinkamtibmas Diharap Mampu Deteksi Konflik.  Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sebagai salah satu ujung tombak kepolisian, diharap mampu mendeteksi dini ruang konflik yang ada di tengah masyarakat.

Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, S.IK melalui Kasat Binmas Polres Manokwari Iptu Subiyanto, mengatakan, penting dalam menjalankan amanahnya, anggota Bhabinkamtibmas terus melahirkan terobosan baru.

“Bhabinkamtibmas itu perpanjang tangan Kapolres di tingkat kampung. Jadi punya tugas yang sangat vital dalam penanganan dan deteksi dini konflik,” ujar Subiyanto di halaman Mapolres Manokwari, Selasa, (23/1/2018).

Oleh sebab itu, ‎anggota dari Bhabinkamtibmas diwajibkan memiliki kemampuan deteksi dini yang dimungkinkan dengan menjalin hubungan yang intensif dan menyatu dengan lapisan masyarakat.

“Anggota Bhabinkamtibmas harus memiliki arti dan menjadi bagian dari masyarakat‎ untuk menciptakan rasa aman dan berkontribusi dalam segala kegiatan yang membuat suasana menjadi lebih kondusif,” Imbuh Subiyanto.

Sehingga jika ingin tercapai, para anggota Bhabinkamtibmas dengan mengubah mindset (pola pikir)‎ dari dilayani menjadi melayani masyarakat. Sehingga penting Bhabinkamtibmas punya dan bisa lahirkan terobosan baru, serta dengan tulus melaksanakan nilai-nilai dasar Tri Brata dan Catur Prasetia yang diucapkan dalam janji dan sumpah saat menjadi anggota Bhayangkara.

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
error: Content is protected !!