Portal Berita Papua Barat

Yosef Yembise: Pameran Produk Unggulan Narapidana Tepis Stigma Negatif

0 38
Pameran Produk Unggulan Narapidana
Pameran Produk Unggulan Narapidana – Anjungan Papua Barat pada Pameran Produk Unggulan Narapidana yang dipusatkan di Plasa Industri, Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan. Pameran ini berlangsung sejak 3 hingga tanggal 6 April 2018. (Foto: Dok. Yosef Yembise)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Pameran Produk Unggulan Narapidana.  Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Manokwari, Yosef Yembise menuturkan kegiatan pameran produk unggulan narapidana memiliki nilai besar bagi narapidana.

Sebab pameran ini tidak sekadar menampilkan produk-produk hasil tangan narapidana tetapi terpenting adalah menjadi sebuah bukti bahwa, stigma negatif terhadap narapidana yang selama ini melekat bisa ditepis.

“Walau tanpa dukungan dari pihak lain, kami berusaha untuk memperkenalkan produk narapidana dan mengangkat nama Kabupaten Manokwari dan Provinsi Papua Barat. Terima kasih Tuhan karena stigma negatif terhadap narapidana bisa ditepis melalui kegiatan ini,” kata Yosef, Rabu (4/4/2018).

Pameran produk unggulan narapidana digelar di Jakarta, dan berlangsung sejak 3 April hingga tanggal 6, dipusatkan di Plasa Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan.

Yosef mengungkapkan, produk unggulan hasil kerajinan tangan narapidana yang dipamerkan cukup banyak. Antara lain, miniatur motor dan rumah kaki seribu yang terbuat dari koran bekas, pot bunga bermotif Papua, noken.

Pameran Produk Unggulan Narapidana
Pameran Produk Unggulan Narapidana – Pengunjung saat melihat produk hasil kerajinan tangan para narapidana Kelas II B Manokwari pada Pameran Produk Unggulan narapidana. Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly menyatakan pameran ini menjadi bukti bahwa Lapas menjadi tempat pembinaan yang produktif. (Foto: Dok. Yosef Yembise)

Juga ada ikat kepala, berbagai produk makanan gorengan dan kerupuk, dan lainnya. “Anjungan Papua Barat mendapat perhatian dari seluruh pengunjung pameran,” ucapnya.

Acara pembukaan pameran dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly membuka secara langsung pameran produk unggulan narapidana ke-6. Dikatakan, pameran ini membuktikan perubahan paradigma lapas menjadi tempat pembinaan yang produktif.

Pameran Produk Unggulan Narapidana
Pameran Produk Unggulan Narapidana – Foto bersama Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Barat, Kalapas kelas IIB Manokwari, Kalapas Perempuan, Kepala cabang rutan Teminabuan dan staf divisi pas Kanwil Papua Barat. (Foto: Dok. Yosef Yembise)

 

Baca Juga:  Genap 3 Bulan Jabat Kalapas, Ini Terobosan dan Harapan Yosef Yembise

Kementerian Hukum dan HAM sendiri telah menjadikan kegiatan pembinaan produktif di Lapas menjadi salah satu program prioritas.

Penulis : Razid Fatahuddin
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!