Portal Berita Papua Barat

“Gunung Api Lokon di Sulut Hari Ini Status Waspada”

0 6
Gunung Api Lokon
Gunung Api Lokon di Tomohon, Sulut (Foto : Istimewa)
Sulut, Papuabaratoke.comGunung Api Lokon di Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara menunjukan aktivitas Vulkanik terus meningkat, hal itu disampaikan kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon, Farid R Bina, di Kakaskasen.

Saat ini “Amplitudonya bervariasi dan bahkan sudah mencapai maksimum diatas 40 mm, peningkatan itu terjadi sejak Kamis, (2/11/17) ujar Farid, sabtu di Tomohon.

Pada sabtu pukul enam pagi waktu setempat, intensitasnya mulai berkurang, namun masih diatas rata-rata, masih normal dalam sehari lima kali.

Menurutnya peningkatan frekuensi kegempaan itu akibat migrasi magma dan gas yang tellah merambat ke permukaan.

Data dipublikasi magma.vsi.esdm.go.id yang melaporkan aktivitas vulkanik gunung api Lokon menyebutkan, pada periode pengamatan pukul 00:00-24:00 WITA Jumat (3/11) terekam gempa embusan sebanyak 21 kali (amplitudo 10-43 milimeter), satu kali tornillo (amplitudo 41 milimeter), dan vulkanik dangkal sebanyak 100 kali (amplitudo 3-20 milimeter).

Selanjutnya, gempa vulkanik dalam sebanyak 35 kali (amplitudo 12-42 milimeter), tektonik jauh sebanyak lima kali (amplitudo 5-28 milimeter), serta tremor terus-menerus terekam dengan amplitudo 0.5-2 milimeter.

dikutip dari Antaranews.com Farid menyampaikan status Gunung Lokon saat ini “Tingkat aktivitas Gunung Lokon pada level II waspada,” . Dia pun berharap masyarakat dan wisatawan tidak mendekati dan melakukan aktivitas di dalam radius 1,5 kilometer dari kawah Tompaluan. (PBOKe)

Sumber : ANT
Comments
Loading...
error: Content is protected !!