Portal Berita Papua Barat

Suling Tambur Masyarakat Raja Ampat Sambut Lakotani di Rakorda KNPI

0 32
Rakorda KNPI
Rakorda KNPI di Meriahkan dengan permainan Suling Tambur Masyarakat Raja Ampat

Manokwari, Papuabaratoke.com – Mahasiswa dan pemuda Kabupaten Raja Ampat cukup eksis dalam menjaga kelestarian budaya daerahnya. Ini dibuktikan dengan pergelaran suling tambur pada pembukaan rapat koordinasi daerah (Rakorda) DPD KNPI Provinsi Papua Barat, Selasa (12/12/2017) siang.

Suling tambur yang menjadi salah satu ciri khas daerah Raja Ampat ini mengiringi Ketua DPD KNPI, Sius Dowansiba, Sekretaris KNPI Jeferson jemmy Liunsanda. Juga sekretaris panitia pelaksana rakorda, Thomas Baru, dan Ketua pantia George Dedaida ketika menyambut kedatangan wakil gubernur Provinsi Papua Barat, Mohamad Lakotani sesaat sebelum membuka rakorda.

Kordinator tim suling tabur, Pdt. Billy Waroy mengatakan, menjaga budaya sama hal dengan menjaga serta menonjolkan identitas dan jati diri sebagai masyarakat Raja Ampat.
“Pemuda dari kabupaten Raja Ampat telah meramaikan event – event besar dan dikenal dengan daerah suling tambur terbaik di Papua Barat,” ucapnya.

Wagub PB M. Lakotani, Tiba di Gedung Pemuda disambut Ketua KNPI PB, Sius Dowansiba
Baca Juga:  Buka Rakorda KNPI, Ini Pesan Wagub Lakotani

Dikatakan, kreativitas seni budaya leluhur sepatutnya pemuda sebagai penerus bangsa wajib melestarikan budaya ini. Kata dia, rakorda KNPI ini, menjadi salah satu wadah yang baik bagi para Pemuda di Papua barat untuk dapat menonjolkan identitas dan jadit diri.
“Melalui suling tambur sebagai bagian dari pemuda, kami mengajak pemuda kabupaten lainnya dapat terus menjaga budaya serta adatnya di tengah era modernisasi yang kerap merubah kondisi kepemudaan masa kini,” ujar Billy.

Dia berharap, setiap kegiatan pemerintah, organisasi yang ada di Papua Barat dapat terus menghadirkan sisi etnis budaya masyarakat, sehingga dapat bersinergi untuk membangun dan menumbuhkembangkan kecintaan generasi muda di daerah sebagai penerus negeri dan pelestarian terhadap musik tradisional khususnya suling tambur.
“Suling tambur merupakan warisan dari para leluhur yang harus diterus dijaga dan dilestarikan. Bagi kami, masyarakat dan pemuda kabupaten Raja Ampat ini adalah peninggalan emas budaya oleh generasi para raja di Kabupaten Raja Ampat,” tuturnya.

Adapun rakorda DPD KNPI ini diketahui akan berlangsung dalam sehari dengan agenda membahas beberapa usulan dari setiap muscab KNPI di setiap Kabupaten/Kota dalam rangka menyiapkan agenda kerja di tahun 2018, guna mendukung Pemerintahan Provinsi Papua Barat. (Ian)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com