Portal Berita Papua Barat

Gubernur: Pelabuhan Peti Kemas Hadir Untuk Ekonomi Rakyat

0 42

Sorong, Papuabaratoke.com – Gubernur Papua Barat, Drs.Dominggus Mandacan bersama Ketua DPR PB, Pieter Kondjol, Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten Sorong, Jumat (11 Agustus 2017), berkunjung ke Kampung Klayas, Distrik Seget, Kabupaten Sorong.

Kunjungan ini menindaklanjuti Program Percepatan Pembangunan Wilayah Timur, dengan membangun Pelabuhan Container Peti Kemas. Hal ini pula menindaklanjuti pertemuan antara Gubernur dengan Menteri Perhubungan belum lama ini di Jakarta Kedatangan orang nomor satu di Papua Barat ini juga untuk memastikan sejauh mana kesiapan daerah serta lokasi pembangunan. Awalnya, pembangunan direncanakan di Pulau Teleme, namun dipindahkan ke dataran Seget.

Baca Juga:  Buka Lomba Tarik Tambang HUT RI, Ini Pesan Gubernur Untuk Peserta

“Hadirnya pelabuhan ini akan meningkatkan ekonomi rakyat. Sebab, pelabuhan ini sebagai pengumpul yang nantinya mengekspor komuditi hasil hasil masyarakat di Papua Barat dan Provinsi Papua. Milsalnya hasil laut, hasil pertanian dan hasil hutan,” jelasnya.

Senada, Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, Otis Woria, menerangkan Sorong berpotensi menjadi hubungan untuk trafik peti kemas internasional di Indonesia Timur. Alasannya, memiliki keuntugan area yang luas dan berpotensi mengembangkan industri.

Selain itu, Sorong juga diproyeksikan menjadi Port of Call rute Australia, New Zealand Far East (pelabuhan pengumpul rute Australia/New Zealand).
“Ini dapat menyeimbangankan komoditi ekspor antara wilayah barat dan timur. Pelabuhan ini berperan sebagai hubungan regional indonesia bagian timur ( dalam jangka pendek) dan hubungan internasional West Pasific (jangka panjang),” paparnya.

Laporan persiapan pembangunan pelabuhan tersebut nantinya disampaikan bersama-sama Gubernur, ke Menteri Perhubungan. Untuk membangun pelabuhan ini, masyarakat sudah menyediakan lahan 200 Hektar. Kedepan, akan ada tambahan 5.000 Hektar lagi yang diberikan masyarakat setempat.
Masyarakat mengaku siap mendukung pembangunan pelabuhan container ini. Dengan harapan, perekonomian di Seget dan sekitarnya meningkat dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. (Humas dan Protokol PB)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com