Portal Berita Papua Barat

Kaimana Diguncang Gempa Bumi 4,5 SR

0 16
Kaimana Diguncang Gempa, Gempa Bumi, Papua Barat
Kaimana Diguncang Gempa Bumi 4,5 SR. (Foto: Ist)

Manokwari, Papuabaratoke.com – Kaimana Diguncang Gempa.  Kabupaten Kaimana Papua Barat kembali diguncang gempa bumi berkekuatan 4,5 skala Richter (SR).

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Sorong, gempa terjadi pada Minggu pukul 12:20:19 WIT, dengan kekuatan M=4,5 SR. Pusat gempa terletak pada koordinat 4.18 LS dan 134.07 BT, tepatnya di laut, 65 km Tenggara Kaimana, dengan Kedalaman laut : 31km.

Kepala stasiun geofisika sorong Andri .W. Bidang yang dikonfirmasi Minggu (07/01/2018) siang membenarkan gempa bumi tektonik berkekuatan 4,5 SR tersebut. Namun hingga kini belum dilaporkan dampak lebih lanjut dari gempa bumi ini.

“Saya belum dapat info lebih lanjut kalau gempa ini dirasakan oleh masyarakat. Dan daerah dampak gempa ini hingga dampak kemana saja. Tapi tetap akan kami update perkembangannya,” terang Andri singkat.

Hingga berita ini diturunkan Papuabaratoke.com, belum diketahui pasti apakah gempa berkekuatan 4,5 SR itu berpotensi tsunami. Pasalnya guncangan ini cukup kuat dan besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut.

Diberitakan sebelumnya, gempa juga mengguncang Wilayah Sorong pada Jumat (05/01/2018), yang terjadi pada pukul 18:41:32 WIT dengan kekuatan M=3.0 SR.

Sesuai catatan Papuabaratoke.com pada awal tahun diminggu pertama bulan Januari tahun 2018 ini, dilaporkan telah terjadi sebanyak dua Kali gempa Bumi di Papua Barat, yakni di wilayah Sorong dan Kaimana.

Editor : Kris Tanjung
Penulis : Adrian Kairupan
Comments
Loading...
error: Content is protected !!