Portal Berita Papua Barat

Kaimana Jadi Role Mode Penerapan KIA

0
Kaimana Jadi Role Mode Penerapan KIA
Kaimana Jadi Role Mode Penerapan KIA
Kaimana, Papuabaratoke.comKaimana Jadi Role Mode Penerapan KIA. Pemerintah Pusat menjadikan Kabupaten Kapaten Kaimana sebagai  role mode (panutan) penetapan Kartu Indentitas Anak (KIA) di Wilayah Provinsi Papua Barat tahun 2017. Dan di Wilayah Provinsi Papua, Kabupaten Supiori dijadikan role mode.

KIA sangat diperlukan guna penertiban administrasi negara dalam perspektif kependudukan. Guna menyukeskkan program ini, Sabtu (14/10/2017) kemarin, Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Kaimana melakukan sosialisasi KIA dengan melibatkan sebanyak 200 peserta, terdiri dari para kepala sekolah dari semua tingkatan, Ketua RT, perwakilan organisasi wanita, tokoh masyarakat, serta tokoh agama se-Kaimana.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Kota Kaimana ini dibuka Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa. Hadir sebagai nara sumber, Drajat Wisnu Setyawan, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, dan Puji Astuti Setyo Herawati, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Ditjen Pendaftaran Penduduk Kemendagri.

Wabup pada pembukaan sosialisasi mengimbau seluruh masyarakat Kaimana, terutama yang memiliki anak 0-17 tahun, agar berpartisipasi aktif mengurus Kartu Identitas Anak. Ia mengingatkan,  KIA merupakan bagian dari administrasi kependudukan yang wajib dimiliki oleh  setiap anak.

“Olehnya seluruh warga negara, terutama orangtua yang memiliki anak 0-17 tahun, wajib melaksanakan perintah undang-undang dan peraturan turunannya ini,” ujar Wabup.

Lebih jauh, orang nomor dua Kaimana ini juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Kaimana, untuk secara holistik berpikir bagaimana membantu Pemerintah Daerah dalam rangka menertibkan administrasi kependudukan. Administrasi kependudukan yang akurat lanjut Sirfefa, akan membantu pembangunan daerah, mengingat sebagian besar pembiayaan pembangunan masih berharap pada subsidi pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU).

Baca Juga:  Buka Pembekalan Imam dan Majelis Taklim, Sirfefa Ingatkan Tiga Hal

“Tanggungjawab ini tidak hanya pada Pemerintah Daerah, tetapi tanggungjawab seluruh warga masyarakat Kabupaten Kaimana. Bagaimana kita bisa secara holistik berpikir membangun Kaimana, salah satunya melalui tertib administrasi kependudukan. Ini penting karena juga berimplikasi terhadap perhitungan standar pembagian jatah keuangan untuk pembangunan di Kaimana,” pungkas Wabup.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini, bertujuan memberikan pemahaman dan edukasi kepada warga masyarakat Kaimana tentang KIA yang penerapannya dimulai pada Tahun 2017. Dan, secara nasional bertujuan, mendorong peningkatan pendataan penduduk, sekaligus perlindungan dalam pelayanan publik, guna mewujudkan hak terbaik bagi anak-anak Indonesia. (HAI/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!