Portal Berita Papua Barat

Kejaksaan Negeri Kaimana Segera Terbentuk

8
Kejaksaan Negeri Kaimana
Kejaksaan Negeri Kaimana Segera Terbentuk – Tim saat meninjau lokasi untuk pembangunan gedung kejari kaimana
Kaimana, Papuabaratoke.comKejaksaan Negeri Kaimana. Pembentukan Kejaksaan Negeri (Kejari) di Kabupaten Kaimana sangat layak, karena faktor pendukung sudah tersedia, baik lahan untuk pembangunan gedung maupun syarat lainnya, seperti kehadiran Polres, Rutan, Pengadilan Negeri serta unsur pendukung lainnya, termasuk kondisi geografis.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Biro Kejaksaan Agung RI, Eko Siwi di sela rapat pembentukan Kejari yang digelar di ruang rapat Kantor Bupati Kaiamana, usai melakukan peninjauan bersama ke lokasi rencana pembanguan kantor Kejari, Selasa (24/10/2017).

“Studi kelayakan yang kami lakukan semua yang menjadi syarat pembentukan Kejaksaan Negeri sudah tersedia. Pengadilan Negeri yang sudah mulai melaksanakan sidang disini. Dengan demikian kehadiran Kejaksaan Negeri disini sudah harus segera dipenuhi,” ujarnya.

Dikatakan, pembentukan Kejari ini juga untuk mendukung kelengkapan unsur Muspida, juga untuk menunjang tugas dan fungsi lainnya. “Kami berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang sudah menyediakan lahan, dan mohon dukungan untuk persiapan selanjutnya,” kata Eko Siwi.

Studi kelayakan ini dilakukan bersala oleh Tim Kejaksaan Agung RI, Sekretariat Kabinet, Sekretariat Negara, Kejaksaan Tinggi Papua dan Kejaksaan Negeri Fakfak. Yang terdiri dari Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Biro Kejaksaan Agung RI Eko Siwi, Toni Indra dari Kementerian Sekretaris Negara

Selanjutnya, Ahmad Rokim Asisten Deputi Bidang Politik Hukum dan Keamanan Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan, Hari Siregar Asisten Tindak Pidana Umum Kajati Papua, serta Kepala Kejaksaan Negeri Fakfak Rilke Jefri Huwae. Tim ini diterima oleh Bupati Kaimana Matias Mairuma didampingi Sekretaris Daerah, Rita Teurupun, dan Wakil Ketua II DPRD Adjid Kadir.

Eko Siwi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kaimana yang telah memberikan dukungan penuh bagi pembentukan Kejaksaan Negeri. Eko Siwi juga berharap adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam pembangunan gedung kantor, rumah dinas Kepala Kejaksaan dan staf serta lainnya yang dibutuhkan dalam menunjang kinerja Kejaksaan.

Baca Juga:  2018, Bhabinkamtibmas Polres Manokwari Diwajibkan Miliki Buku Pintar

Sebelum menggelar pertemuan, tim survey didampingi Kepala Dinas Pertanahan Kaimana Fredy Zalucu, Kepala Dinas PUPR Kaimana Nicolaas Kuahaty dan lainnya, melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan gedung kantor di Bantemi Dalam serta mengunjungi beberapa institusi yang menjadi syarat pembentukan Kejari.

Bupati Kaimana didampingi Wakil Ketua II DPRD Adjid Kadir pada pertemuan dengan tim survey pembentukan Kejaksaan Negeri Kaimana.

Bupati Matias Mairuma menyambut baik pembentukan Kejaksaan Negeri, karena sudah menjadi kebutuhan daerah yang tidak bisa lagi ditunda. Bupati berkomitmen akan memberikan dukungan penuh bagi suksesnya pembentukan lembaga penegak hokum ini, serta siap memberikan dukungan lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang tugas Kejaksaan ke depan.

Dikatakan, lokasi untuk pembangunan gedung kantor kejaksaan telah lama disiapkan. Dan, apabila dibutuhkan Pemerintah Daerah siap membantu mempercepat proses pembangunan gedung.

Diakui Mairuma, Kejaksaan melalui Kejaksaan Negeri Fakfak telah banyak membantu Pemerintah Kabupaten Kaimana selama ini, salah satunya dalam menagih piutang Pemda Kaimana kepada investor, yang dilakukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

“Pembentukan Kejaksaan Negeri ini amanat trias politika. Lokasi sudah kami siapkan. Kami siap alokasikan APBD untuk pembangunan, karena ini kebutuhan daerah. Sama seperti Polres yang juga  dibangun dengan APBD,” ucap bupati.

Tidak hanya Kejaksaan Negeri dan Polres, lanjut bupati, Pemda juga sudah siapkan 60 hektare untuk lokasi batalyon, juga untuk mako brimob serta pengadilan negeri. “Dari semua ini, tentu kami perlu melihat skala prioritas sehingga kejaksaan dan pengadilan didahulukan karena tidak bisa ditunda,” jelas Bupati.

Wakil Ketua II DPRD Adjid Kadir menyampaikan dukungan penuh terhadap pembentukan Kejaksaan Negeri Kaimana. DPRD, lanjutnya, siap mendukung kebijakan atau keputusan bupati terkait pembangunan gedung kantor kejaksaan maupun fasilitas lainnya yang nanti dibutuhkan.

Ditambahkan, kehadiran Kejaksaan Negeri sangat diperlukan dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. “Ini sudah menjadi kebutuhan daerah, selama ini juga banyak aspirasi masyarakat yang masuk ke DPRD, yang meminta supaya hadirkan Kejaksaan Negeri di Kaimana sehingga untuk pengurusan administrasi tidak perlu lagi ke Fakfak. Kami berharap ini segera terealisasi,” pungkas Adjid. (HAI/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!