Portal Berita Papua Barat

Kemensos Alokasikan 4,480 Milyar Bangun Puluhan Rumah di Kaimana

0 41
Kemensos Alokasikan 4,480 Milyar
Kemensos Alokasikan 4,480 Milyar Untuk Bangun Puluhan Rumah di Kaimana
Kaimana, Papuabaratoke.comKemensos Alokasikan 4,480 Milyar. Pemerintah Pusat melalui Direktorat Komunitas Adat/Terpencil Kementerian Sosial (Kemensos) RI, tahun 2017 mengalokasikan dana sebesar Rp. 4,480 milyar untuk pembangunan 64 unit rumah layak huni semi permanen bagi masyarakat di Kabupaten Kaimana.

Rumah dengan nilai Rp70 Juta per unit ini tersebar di beberapa kampung dalam Wilayah Distrik Kambrauw.

Kepala Bidang Bantuan dan Pelayanan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kaimana, Markus Tanggarofa, Selasa (24/10/2017), bantuan program rumah layak huni ini sudah lama berlangsung. Namun pengelolaannya ditangani provinsi. Dan, mulai tahun 2017, program ini dihandel langsung oleh masing-masing kabupaten/kota.

“Kemarin itu memang langsung ditangani oleh pihak provinsi, tetapi karena berbagai pertimbangan sehingga program ini dialihkan untuk ditangani sendiri oleh Kabupaten. Untuk tahun ini, Kabupaten Kaimana mendapat jatah 64 unit rumah,” ujar Markus.

Dijelaskan, bantuan rumah ini diberikan bagi masyarakat yang tidak mampu, dalam hal ini keluarga yang belum memiliki rumah. “Kita bangun sesuai dana yang ada. Karena nilainya demikian maka kontruksinya kayu semi permanen,” terangnya.

Progress pembangunan rumah, lanjutnya, hingga kini sudah mencapai tahapan 80 persen.  “Kami berharap yang sisa 20 persen bisa cepat selesai sehingga akhir November, pembangunan rumah sudah rampung 100 persen,” ujarnya lalu mengatakan kebutuhan rumah layak huni di Kabupaten Kaimana masih sangat tinggi.

Ditambahkan, untuk menjawab kebutuhan dimaksud, melalui  program tahun 2018, Dinas Sosial Kaimana kembali mengusulkan tambahan bantuan, dengan kampung sasaran adalah, Wermenu dan Egerwara Distrik Arguni Bawah.

“Dua kampung ini sudah kami survey dan layak untuk mendapatkan bantuan serupa. Secara umum kebutuhan rumah layak huni di Kaimana masih tinggi. Oleh karenanya kalau pelaksanaan tahun ini kita dinilai sukes, maka tahun berikut kita akan dapat lagi. Untuk yang sementara jalan ini, kami usahakan akhir November tercapai 100 persen,” ujarnya. (HAI/PBOke)

Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!