Portal Berita Papua Barat

KPU Kaimana Mulai Dalami Berkas 17 Partai Politik

2
KPU Kaimana Mulai Dalami Berkas
KPU Kaimana Mulai Dalami Berkas – Ketua KPUD Kabupaten Kaimana, Jhon Philip Kiruwa
Kaimana, Papuabaratoke.comKPU Kaimana Mulai Dalami Berkas. Sebanyak 17 Partai Politik di Kabupaten Kaimana berhak mengikuti tahapan penelitian administrasi dan verifikasi faktual. Tahapan ini mulai dilakukan oleh KPUD setempat sejak 18 Oktober hingga 15 November ke depan.

Ketua KPUD Kabupaten Kaimana, , Jhon Philip Kiruwa, Kamis (19/10/2017), mengatakan 17 parpol berhak mengikuti tahapan tersebut setelah dokumen persyaratan berupa Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dilampiri Kartu Tanda Penduduk (KTP) dinyatakan memenuhi syarat.

“Berkasnya sudah kami terima dengan jumlah anggota untuk masing-masing partai minimal 61 orang. Tapi pada umumnya partai mengajukan keanggotaan diatas 61 orang, bahkan ada yang menyodorkan 400-an anggota,” kata Kiruwa.

Adapun 17 Parpol, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat.

Selanjutnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura, Partai Nasional Demorkat (Nasdem), Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Garuda, PKB, Partai Rakyat, PKPI, PIKA, Parsindo dan PNI Marhaenis.

Tahapan penelitian berkas dan verifikasi, lanjut Kiruwa, akan dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk oleh KPUD. Dalam tahapan ini, KPUD akan melakukan penelitian terhadap kesesuaian data dari berkas yang diserahkan, serta meneliti adanya kemungkinan keanggotaan ganda.

“Tim akan dibag  ke dalam beberapa bagian untuk melakukan penelitian berkas dan verifikasi faktual sampai ke tingkat distrik dan kampung. Dalam tahapan ini, selain mencocokkan data antara KTA, KTP dan Sipol, kami juga akan mengecek sekretariat partai, dokumen sewa gedung, nomor rekening parpol dan lainnya,” terang Kiruwa. (HAI/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!