Portal Berita Papua Barat

Pemda Kaimana Angkat Rokhmin Dahuri Jadi Penasehat

3
Rokhmin Dahuri Jadi Penasehat
Rokhmin Dahuri Jadi Penasehat – Pemerintah Kabupaten Kaimana melalui kebijakan Bupati, Matias Mairuma mengangkat Eks Menteri Perikanan era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri, Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, MS sebagai penasihat Pemerintah Daerah
Kaimana, Papuabaratoke.comRokhmin Dahuri Jadi Penasehat. Pemerintah Kabupaten Kaimana melalui kebijakan Bupati, Matias Mairuma mengangkat Eks Menteri Perikanan era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri, Prof. DR. Ir. Rokhmin Dahuri, MS sebagai penasihat Pemerintah Daerah.

Rokhmin dipilih karena keahliannya dalam bidang perikanan dan kelautan, serta telah banyak berkontribusi dalam membantu percepatan pembangunan di beberapa daerah di Papua. Sabtu (14/10/2017) lalu, Bupati Matias Mairuma bersama Wakil Bupati, Ismail Sirfefa, Sekretaris Daerah, Rita Teurupun, dan para Pimpinan OPD, menyambut kehadiran Rokhmin bersama tim kerja.

Diantaranya, Sugeng Hari Wisudo ahli perikanan tangkap, Irzal Effendi, ahli perikanan budidaya, Pigoselvi Anas, ahli sosial ekonomi nelayan dan Ama Bonapan, ahli pesisir dan kelautan. Kunjungan perdana Rokhmin Dahuri dan tim ke Kaimana juga sekaligus dalam rangka Seminar Percepatan Pembangunan Kabupaten Kaimana, dengan tajuk ‘Peta jalan Pembangunan ekonomi untuk peningkatan daya saing dan pertumbuhan ekonomi berkualitas secara berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat.’

Bupati Matias Mairuma mengawali pertemuan di Ruang Rapat Kantor Bupati. Mairuma menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kaimana memberikan perhatian yang besar kepada sektor perikanan yang menjadi salah satu landing sector (sektor unggulan) pembangunan di Kabupaten Kaimana.

Melalui sektor ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kaimana dapat tercapai secara maksimal.
Guna memaksimalkan pengelolaan sektor ini lanjut Mairuma, Pemerintah Kabupaten Kaimana membutuhkan sebuah pendampingan, terutama dari pihak yang benar-benar memahami sektor ini.

“Inilah mengapa Profesor Rokhmin Dahuri hadir disini. Beliau akan memberikan pencerahan lebih dalam kepada kita tentang bagaimana sektor perikanan bisa dimanfaatkan secara maksimal. Profesor ini sudah menjadi penasihat Pemda Kabupaten Kaimana,” kata Bupati.

Baca Juga:  Wabup Kaimana Ajak Perempuan Rubah Pola Pikir

Lebih jauh Bupati juga meminta Profesor Rokhmin untuk mereferensikan ahli bidang lainnya, yang nanti bisa membantu Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam mengelola potensi sumber daya alam lainnya, seperti pariwisata dan pertanian yang juga menjadi sektor unggullan pembangunan daerah.

“Kita bisa minta profesor mereferensikan ahli lainnya supaya sektor pariwisata, pertanian, perkebunan atau lainnya bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di negeri ini,” ujarnya. Rokhmin Dahuri, yang kini menjabat Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kaimana yang memiliki visi besar untuk membangun Kaimana lebih maju.

Dia berharap, kehadirannya selaku penasihat Pemerintah Kabupaten Kaimana bisa membawa dampak positif bagi kemajuan daerah dan bermanfaat bagi upaya mensejahterakan masyarakat. “Saya berharap kehadiran saya disini membawa berkah bagi kemajuan daerah ini dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (HAI/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!