Portal Berita Papua Barat

Pemda Kaimana Revisi Formasi CPNSD

10
Pemda Kaimana Revisi Formasi CPNSD
Pemda Kaimana Revisi Formasi CPNSD – Bupati Kaimana, Matias Mairuma. Pemda Kaimana merevisi Formasi CPNSD Tahun 2017, guna mengakomodir lulusan SMA/SMK. (Photo : HAI/PBOke)
Kaimana, Papuabaratoke.comPemda Kaimana Revisi Formasi CPNSD. Bupati Kaimana, Matias Mairuma menegaskan, untuk mengakomodir lulusan SMA terutama yang berasal dari 8 suku asli, dalam seleksi penerimaan CPNSD, Pemerintah daerah (Pemda) akan melakukan revisi formasi tahun 2017, yang sudah ditetapkan.

Bupati menyampaikan hal ini saat dikonfirmasi papuabaratoke.com usai menghadiri Rapat Konsolidasi Program Blue Karbon dengan perwakilan Kementerian Koordinator Maritim dan CI di Kantor Bupati, Selasa (10/10/2017)

Kata Mairuma, revisi dilakukan karena formasi yang sudah ditetapkan, hanya tersedia 3 kursi bagi lulusan SMA. Setelah formasi direvisi, pemda akan mengusulkan kembali kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN-RB)
Dikatakan, deadline pengusulan kembali formasi akan berlangsung pada 26 Oktober 2017, sehingga masih ada waktu bagi Pemda Kaimana untuk melakukan perbaikan.

Menurut Bupati, revisi formasi untuk menambah jumlah lulusan SMA dimaksud, disesuaikan kondisi faktual yang terjadi di Kabupaten Kaimana. Di mana, banyak anak asli Papua yang ingin masuk ke ranah pemerintahan dengan ijazah terakhir SMA/SMK. Dengan merevisi usulan formasi lanjutnya, diharapkan lulusan SMA maupun SMK, terutama yang berasal dari 8 suku asli Kaimana, dapat terakomodir.

“Memang kita maunya SDM di pemerintahan ini harus mumpuni, tetapi dengan melihat kondisi aktual daerah saat ini rasanya itu belum bisa dilakukan. Saya bermaksud melakukan sedikit revisi untuk mengakomodir anak-anak SMA karena dari formasi yang sudah disetujui, untuk tamatan SMA hanya 4 orang. Kita usulkan sesuai kebutuhan daerah, nanti setelah usulan disetujui, baru kita umumkan penerimaan CPNS,” ujar Mairuma.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan SDM Kaimana, Donald R. Wakum menjelaskan, formasi CPNS Kabupaten Kaimana Tahun 2017 ini merupakan formasi tahun 2014 yang batal dilaksanakan.

Baca Juga:  Bupati Kaimana Janjikan Bonus Bagi Peraih Emas Tinju

Formasi dimaksud berjumlah 200 orang, masing-masing; 77 untuk tenaga guru, 77 tenaga kesehatan dan 61 untuk tenaga teknis. Namun berdasarkan kebijakan Bupati Kaimana, yang menginginkan agar mengakomodir sebanyak mungkin lulusan SMA/SMK, maka formasi yang sudah ditetapkan tersebut direvisi dan diusulkan kembali.

Formasi yang ditetapkan dalam draft revisi adalah; 82 tenaga guru, 57 tenaga kesehatan dan 61 tenaga teknis, yang didalamnya terdapat lulusan SMA. “Ini akan diusulkan kembali ke Kemen PAN-RB untuk mendapat persetujuan,” ungkapnya. (HAI/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!