Portal Berita Papua Barat

Pemkab Kaimana Tambah Dermaga Rakyat di Warifi

3
Pemkab Kaimana Tambah Dermaga
Pemkab Kaimana Tambah Dermaga – Drs. M. Nasir Aituarauw, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kaimana.
Manokwari, Papuabaratoke.comPemkab Kaimana Tambah Dermaga. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaimana merealisasikan kembali pembangunan dermaga rakyat di Kampung Warifi, Distrik Teluk Etna.

Pembangunan dermaga tersebut merupakan tidak lanjut dari kebijakan Bupati Kaimana, Matias Mariuma yang menetapkan 5 titik pertumbuhan (growing point). Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah itu.

Melalui Dinas Perhubungan, pembangunan dermaga rakyat itu telah direalisasikan di Wilayah Lobo dan Bayeda. Proses pembangunan dilakukans secara bertahap dalam beberapa tahun  ke depan.

Kepala Dinas Perhubungan Kaimana, Drs. Mohammad Nasir Aituarauw, Senin (23/10/2017) mengatakan, titik pertumbuhan atau growing point yang ditetapkan pemerintah daerah tersebar pada 5 titik.

Adapun ke-5 titik itu masing-masing tersebar di Kampung Lobo untuk wilayah Mairasi, Bayeda untuk Teluk Arguni Atas, Warifi untuk Distrlk Etna dan Yamor, Tairi untuk wilayah Buruway, serta Teluk Arguni Bawah.

“Tiga yang belum dibangun ini, kami akan dahulukan di Warifi  untuk wilayah Etna dan Yamor, mengingat dua wilayah ini letaknya cukup jauh dan agak sulit dijangkau. Kami akan usulkan dalam APBD 2018 sehingga dua lainnya bisa dianggarkan pada tahap berikutnya. Ini memang untuk mendukung kebijakan titik pertumbuhan yang sudah lama ditetapkan,” terang Aituarauw.

Ditambahkan, selain di beberapa titik pertumbuhan, pihaknya juga berencana membangun pelabuhan rakyat di wilayah kota, untuk tempat bersandarnya speed boat maupun long boat milik masyarakat.

“Kami juga rencananya mau bangun pelabuhan rakyat di kota untuk  tempat berlabuhnya. Ini juga sekalian untuk membantu masyarakat menurunkan hasil pertanian sebelum ke pasar,” ujar nya. (HAI/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!