Portal Berita Papua Barat

Peternak di Tiga Kampung Dibekali Pengetahuan Olah Pakan Ternak

1
Pengetahuan Olah Pakan Ternak
Pengetahuan Olah Pakan Ternak – Photo Ilustrasi
Kaimana, Papuabaratoke.comPengetahuan Olah Pakan Ternak. Sejumlah peternak yang berasal dari Kampung Coa, Trikora, dan Krooy dibekali pengetahuan tentang pembuatan pakan ternak ruminansia dan unggas. Pelatihan dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Kaimana selama 2 hari (5-6 Oktober) lalu.

Dalam kegiatan ini, para pemilik ternak dilatih mengolah pakan ternak menggunakan bahan baku lokal, seperti kelapa, sagu, dan bebera bahan lainnya. Instruktur dalam pelatihan tersebut melibatkan sejumlah staf DKPP.
Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, I Ketut Arjana dikonfirmasi akhir pekan kemarin, mengatakan pelatihan ini bertujuan agar para pemilik ternak tidak lagi kesulitan untuk mengembangkan usaha peternakannya.

“Kami berharap setelah pelatihan ini, para pemilik ternak bisa lebih maksimal memelihara dan mengembangkan ternaknya. Mereka bisa membuat pakan tambahan sendiri supaya ketika pakan alam menipis, ada pakan buatan yang bisa digunakan. Para pemilik ternak tidak perlu lagi membeli pakan dari luar daerah, tetapi bisa mengolahnya sendiri dengan memanfaatkan potensi yang ada disekeliling,” ujarnya.

Menurut Ketut, selama ini banyak pemilik ternak yang menyerah karena sulit mendapatkan pakan dengan nilai gizi yang cukup baik. Dengan pelatihan ini, persoalan kesulitan pakan ternak tidak lagi terjadi. Para peternak, diahrapkan bisa mengolah pakan sendiri dengan memanfaatkan bahan dasar yang ada disekitar tempat tinggal mereka.

Salah satu peserta pelatihan, Darius Dallo mengapresiasi program dan kegiatan pelatihan pembuatan pakan ternak. Dikatakan, pemeliharaan ternak belum maksimal dalam karena terbentur biaya pembelian pakan yang terlalpu tinggi. “Melalui pelatihan ini kami bisa membuatnya sendiri dan memaksimalkan pemeliharaan ternak,” ucapnya optimis. (HAI/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!