Portal Berita Papua Barat

Polres Kaimana Diserbu Ratusan Pencaker

4
Polres Kaimana Diserbu Ratusan Pencaker
Polres Kaimana Diserbu Ratusan Pencaker – Suasana di depan salah satu ruangan Mapolres Kaimana yang dipadati para pencari kerja (pencaker), saat mengurus SKCK, Surat Bebas Narkoba, Sidik Jari, dan beberapa surat lainnya yang dipersiapkan untuk mengikuti seleksi CPNS. (Photo : HAI/PBOke)
Kaimana, Papuabaratoke.comPolres Kaimana Diserbu Ratusan Pencaker. Ratusan pencari kerja (pencaker) di Wilayah Kabupaten Kaimana, beberapa hari belakangan ini memadati Polres Kaimana. Mereka datang untuk mengurus SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Surat Bebas Barkoba dan surat lainnya. Situasi itu, menyusul merebaknya informasi terkait penerimaan CPNS Formasi Tahun 2017 di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kaimana.

Bedasarkan data dari Sat. Intelkam Polres Kaimana, sejak adanya informasi teresebut jumlah pencaker yang mengurus SKCK setiap hari bisa mencapai 100 an lebih. Dan, didominasi oleh tamatan SMA/SMK dan lulusan sarjana. “Kami datang urus SKCK dan surat lainnya dari kepolisian untuk persiapan mengikuti seleksi CPNS nanti. Ini hanya inisiatif saja, tidak ada yang suruh atau arahkan. Bakal ada tes juga kami hanya dengar-dengar saja dari cerita orang, pastinya tidak tahu kapan, yang penting persiapan memang,” ujarnya.

Irma mengaku, sudah mengukuti tes CPNS untuk kali keempat. Ia mengurus semua persyaratan itu lebih awal sebagai antisipasi agar tidak kelimpungan bila suatu saat penerimaan CPNS akan dibuka secara resmi. “ya… mudah-mudahan kali ini beruntung,” aku sembari tersenyum. Kapolres Kaimana AKBP Adam Erwindi, SIK, MH membenarkan, selama beberapa hari berturut-turut, tiga ruang di Mapolres Kaimana dipadati ratusan pencari kerja untuk mengurus SKCK dan Surat Bebas Narkoba.

“Beberapa hari ini, SKCK yang dikeluarkan unit Intelkam Polres Kaimana telah mencapai ratusan lembar. Kami berharap pelayanan yang ada bisa memberikan kepuasan bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Kapolres.
Guna merespon tingginya animo masyarakat yang hendak mengurus SKCK, sidik jari dan surat bebas narkoba. Polres Kaimana berkebijakan memberikan pelayanan ekstra di luar jam dinas hingga pukul 24.00 WIT.

Baca Juga:  Kontraktor Asli Papua Segel Sejumlah Dinas

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kaimana, Donald R. Wakum yang dikonfirmasi belum lama ini menjelaskan, Kabupaten Kaimana tahun ini mendapat jatah CPNS sebanyak 200 orang.
Jumlah tersebut, merupakan formasi CPNS Tahun 2014 yang batal dilaksanakan. Ia mengatakan, untuk tahun 2017, formasi per bidang sedang direvisi dan diusulkan kembali kepada Kemenpan RI untuk disetujui.

Jika mengacu pada formasi lama, lanjut Wakum, kuota tenaga guru adalah 77, kesehatan 77 dan teknis 61. “Kami sudah usulkan formasi baru sesuai kebutuhan daerah, masing-masing 82 guru, 57 kesehatan dan 61 tenaga teknis yang didalamnya ada beberapa lulusan SMA,” terang Wakum.

Ditambahkan, tidak banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi CPNS. Syarat SKCK dan lainnya, termasuk kartu pencari kerja dapat dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus. “SKCK dan lainnya itu nanti setelah lulus, kami tidak mau penerimaan CPNS ini membebankan pelamar,” pungkasnya. (HAI/PBOke)

Comments
error: Content is protected !!