Portal Berita Papua Barat

Tradisi Hadrat Gambarkan Indahnya Kebersamaan di Kaimana

0 7

Kaimana, Papuabaratoke.com – Hari raya Idul Fitri sudah lewat, namun tak demikian bagi umat muslim di Kabupaten Kaimana, kemarin ribuan orang menghadiri tradisi Hadrat dengan turun ke jalan.

Bukan hal baru, tradisi Hadrat sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Tradisi ini merupakan silaturahmi ala umat muslim Kaimana dengan mengunjungi rumah ke rumah sambil berjalan kaki. Sementara, rumah yang dikunjungi menyiapkan makanan dan minuman.

“Tradisi Hadrat dilaksanakan setiap Lebaran. Ini merupakan tradisi peninggalan sejak jaman dahulu oleh nenek moyang kami. Ajang silaturahmi ini juga diikuti warga non muslim,” ujar Randy Ombaier, Tokoh Pemuda Kaimana, Rabu (28 Juni 2017).

Uniknya lagi, tradisi yang dimotori Panitia Hari Besar Islam (PHBI) ini, tak hanya diikuti warga muslim di Kaimana, namun juga diikuti warga non muslim. Sambil menari dan menyanyi diiringi pukulan hadrat dan shalawat, warga berbaris di jalan hingga ratusan meter.
Tradisi Hadrat yang digelar di hari pertama Lebaran menyusuri wilayah Bumsur dan Anda Air. Pada hari kedua, peserta menumpangi kendaraan roda dua dan empat, menuju Krooy hingga ke Kampung Coa.

Beberapa rumah pejabat yang disinggahi diantaranya rumah jabatan Kapolres Kaimana dan Sekda. Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa juga turut ambil bagian dalam tradisi tersebut.

Ruas jalan yang dilewati peserta Hadrat, mulai dari Jalan Brawijaya hingga Jalan Utama Utarom dengan pengawalan Polres dan Kodim 1713 Kaimana. Guna menghinari kemacetan, arus kendaraan dialihkan untuk sementara waktu. (CMT/PBOKe)

 

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!