Portal Berita Papua Barat

Banyak Rumah Di Kampung Dotir Tak Punya Jamban

0 7


Wasior, Papuabaratoke.comMayoritas rumah masyarakat Distrik Wasior, terutama di kampung-kampung, belum dilengkapi jamban. Warga rupanya masih menjadikan pantai atau kali sebagai tempat Buang Air Besar (BAB).

Hal ini tergambar dari hasil survey keluarga sehat yang dilakukan Puskemas Wasior, dalam rangka pembuatan profil Keluarga Sehat Tahun 2017. Di Kampung Dotir misalnya, dari 45 KK yang ada, lebih dari 30 KK atau sekitar 75 persen, belum memiliki jamban.

Hasil survey tersebut disampaikan dalam lokakarya mini lintas sektor Puskesmas Wasior, Kamis (24 Agustus 2017) di Aula Kantor Distrik Wasior.

Kepala Puskesmas Wasior, dr. Aldyf, menuturkan, jamban merupakan salah satu dari 7 kriteria keluarga sehat. Artinya, jika tidak ada jamban/toilet, rumah bersangkutan belum bisa dikategorikan sebagai keluarga sehat.

“Kita mohon kepala kampung dan kepala distrik bisa membantu untuk siapkan (jamban di Kampung Dotir). Jangan sampai pantai jadi jamban umum,” ujarnya.

Senada, Kepala Distrik Wasior, Alex Marani mengingatkan para kepala kampung agar memanfaatkan Dana Desa untuk pengadaan jamban untuk rumah warga.

“Itu untuk kesehatan masyarakat sendiri. Bisa gunakan Dana Desa untuk buat jamban,” paparnya.
Kegiatan ini diikuti aparatur kampung, juga pemangku kepentingan kampung pada wilayah kerja Puskesmas Wasior, meliputi Distrik Wasior dan Distrik Kuri Wamesa. Selain itu, hadir pula para kader posyandu, bidan serta petugas medis Puskesmas Wasior. (VIO/PBOke)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!