Portal Berita Papua Barat

Deteksi Dini Bisa Cegah Kanker Serviks Pada Kaum Perempuan

0 4

Manokwari, Papuabaratoke.com- Deteksi dini melalui IVA/Papsmear termasuk upaya unggulan untuk menekan prevalensi Kanker Serviks pada perempuan usia produktif peserta JKN-KIS. Hal ini dilakukan disemua layanan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Wilayah Papua Barat, Florinsye Tamonob, S.Keb, Ns, M.Kes, mengakui kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk dukungan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
“Jika hasil pemeriksaan mengharuskan peserta harus mendapat perawatan lanjut, akan dirujuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Florinsye ,  saat membuka kegiatan sosisalisasi pemeriksaan gratis Kanker Serviks di Puskesmas Wosi, Kamis (13 Juli 2017).

Menurutnya, pada stadium awal Kanker Serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi, sehingga ajakan pemeriksaan awal menjadi pilihan yang tepat. Pada dasarnya Kanker Serviks mudah dicegah dibandingkan penyakit kanker lainnya.
“ Pemeriksaan IVA/Papsmear merupakan metode pemeriksaan sederhana yang memiliki tingkat akurasi tinggi, aman serta nyaman bagi pasien,” tandasnya.
(THX/PBOKe)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!