Portal Berita Papua Barat

Permudah Pelayanan Masyarakat, Bupati Demas Lahirkan Kebijakan Khusus di RSUD Manokwari

0 462
Kebijakan Khusus di RSUD Manokwari
Kebijakan Khusus di RSUD Manokwari – Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan. (Foto: Rasyid Fatahuddin/PBOke)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Kebijakan Khusus di RSUD Manokwari.  Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan kembali melahirkan kebijakan khusus di RSUD Manokwari.

Dikemukakan, kebijakan ini khusus bagi pelayanan masyarakat yang hendak membutuhkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan BPJS Kesehatan di RSUD namun belum tercover dalam keanggotaan BPJS, untuk tetap dilayani hanya dengan memperlihatkan KTP dan KK.

Demas menyatakan, terkait kebijakan ini, pihaknya telah berkoordinasi bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manokwari dan Direktur RSUD Manokwari.

“Untuk Manokwari saya sudah bicarakan dengan kepala BPJS, dan juga Direktur RSUD Manokwari, bahwa apabila ada pasien belum memiliki BPJS, tapi kalau memiliki KTP dan Kartu Keluaga (KK) harus dilayani. Saya sudah minta kepada BPJS supaya segera buka loket di RSUD bagi pasien yang belum memiliki BPJS,” kata Bupati Demas menyikapi pelayanan kesehatan di daerah ini, Jumat (6/4/2018).

Dijelaskan Bupati, program baru yang nanti akan dilakukan di RSUD Manokwari yakni beberapa staf dari Dinas Dukcapil Manokwarj, juga ditempatkan di RSUD Manokwari.

Baca Juga:  RSUD Manokwari Diminta Utamakan Keterbukaan Layani Masyarakat

Disana kata Bupati, petugas itu melayani akta kelahiran ketika ibu selesai melahirkan dan keluar dari Rumah Sakit (RS) otomatis akte kelahiran anak sudah ada dan diperoleh saat itu, termasuk pelayanan akta kematian dikeluarkan ketika ada pasien yg meninggal di rumah sakit.

“Tadi (kemarin, red) saya sudah panggil Kepala Dinas Dukcapil dan Direktur RSUD untuk mempersiapkan program ini,” tutur Demas.

Demas pun menegaskan bahwa pasien harus diutamakan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dan urusan administrasi bisa menyusul. Pasalnya kata dia, selama ini masyarakat selalu mengeluhkan atau pasien yang diantar saat berobat harus ditanya lebih dulu tentang BPJS dan segalanya, untuk itulah ia berharap pertolongan pertama harus diutamakan.

Penulis : Hanas Warpur
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
error: Content is protected !!