Portal Berita Papua Barat

Rawan Terjangkit HIV, Ladies THM Wajib Cek kesehatan

0 395
Ladies THM Wajib Cek kesehatan
Ladies THM Wajib Cek kesehatan – Para Ladies karaoke saat mendapatkan penyuluhan dari Kasat Binmas Polres Manokwari, Iptu Subiyanto di Mapolres Manokwari, Selasa (20/2/2018). (Foto: Adrian Kairupan/PBOKe)
Manokwari, Papuabaratoke.com – Ladies THM Wajib Cek kesehatan.  Ladies atau pemandu karaoke di tempat hiburan malam (THM) diwajibkan cek Kesehatan. Hal ini karena dinilai pekerja di THM sangat beresiko tinggi atau resisten terhadap penularan virus HIV.

Kapolres Manokwari AKBP Adam Erwindi, S.IK melalui Kasat Binmas Polres Iptu Subiyanto, yang ditemui, Jumat (23/2/2018), menghimbau bagi para pengusaha pengelola THM di wilayah hukum Manokwari untuk bersama mencegah penularan HIV/AIDS di kalangan para pekerja tersebut.

“Kita sudah rutin ingatkan dan juga himbau kepada para pengusaha pengelola setiap THM yang beroperasi wajib melakukan upaya cek kesehatan bagi ladiesnya. Sehinggarl terkontrol kesehatan dan mencegah penyebarluasan virus HIV,” kata Subiyanto.

Ia menuturkan, dalam meminimalisir potensi penularan HIV-AIDS di kalangan para pekerja hiburan malam, wajib setiap per 3 bulan berjalan, dilakukan pemeriksaan. selain itu, pendataan para pekerja disetiap THM wajib diinfokan, bilamana adanya penambahan dan pengurangan anggota pekerja yang baru.

“Hal ini mengacu kepada keputusan menteri tenaga kerja dan transmigrasi RI pasal 1 ayat 4 tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/ AIDS di tempat kerja. Dan di THM merupakan tempat yang rentan bagi seseorang untuk terjangkit virus HIV. Untuk itu, pemeriksaan kesehatan menjadi suatu keharusan,” pungka Subianto

Penulis : Adrian Kairupan
Editor : Kris Tanjung
Comments
Loading...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com